Arti Landing page halaman website untuk marketing

teguh.info- Berawal dari melihat kompetitor bisnis yang sukses memanfaatkan Landing Page untuk promosi bisnisnya. Akhirnya kuputuskan untuk mempelajari Landing page halaman website untuk marketing. Ternyata banyak hal yang harus benar-benar diterapkan untuk memaksimalkan suatu Landing Page.

Landing page merupakan sebuah halaman dalam website yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan marketing. Biasanya Landing Page inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search), atau tertaut ke FB Ads dan lainya.

Dalam artikel ini saya akan uraikan sedikit tentang landing page, apa itu landing page dan apa fungsi dari landing page itu sendiri untuk kebutuhan pemasaran secara online.

Landing page merupakan sebuah halaman dalam website yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan marketing. Biasanya Landing Page inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search), atau tertaut ke FB Ads dan lainya.
Belajar Landing Page

Apa itu landing page ?

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Landing page merupakan sebuah halaman dalam website yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan marketing. Biasanya Landing Page inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search), atau tertaut ke FB Ads dan lainya.

Seperti yang di jelaskan oleh IdCloudhOst dalam websitenya menjelaskan bahwa.

Landing page yang memiliki arti landing  berarti mendarat dan page berarti  halaman, Secara umum Landing Page merupakan halaman dari sebuah  website yang didesain khusus dengan strategi marketing yang khusus pula. Laman ini bisa muncul jika pengunjung mencoba melakukan klik dari sebuah tautan atau link tertentu.

Sobat biasanya melihat bentuknya dari halaman website tersebut, jika halaman itulah yang pertama kali dijumpai oleh pengunjung maka itu adalah landing page. Walaupun berada dalam satu website yang sama, landing page pada dasarnya dibuat secara terpisah. Hal ini memiliki tujuan untuk “menjauh” dari link atau menu lain yang bisa mengalihkan perhatian pengunjung dari tujuan utama landing page tersebut.

READ  Apa yang dimaksud dengan A/B Testing ?

Dari sini dapat disimpulkan bahwa landing page yang memiliki performa yang baik adalah landing page yang berorientasi pada “action” yang akan dilakukan user dan pencapaian konversi. Sehingga landing page bisa menjadi salah satu channel dimana customer akan berada dipersimpangan untuk membeli atau tidak membeli produk Anda.

Karakteristik Landing Page

Ada beberapa karakteristik dari sebuah Landing Page..

Seperti yang dijelaskan oleh Niaga Hoster melalui websitenya bahwa Landing Page memiliki beberapa Karakteristik antara lain :

  • Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website; 
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website. Misalnya, https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia 
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Apa Fungsi Landing Page ?

Landing Page berdasarkan jenisnya, ada 2 fungsi utama.

#Pertama – landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.

#Kedua – landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, landing page memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Tips Membuat Landing Page

Banyak blogger, Influencer dan pakar marketing tau siapa Neil Pathel si gundul.

Ada beberapa Tips Pembuatan Landing page ala si Neil Pathel berikut tips yang ia bagikan melalui websitenya

Tips membuat landing page ala Neil Patel:

  • Buat landing page dengan ilustrasi yang simpel, unik, sekaligus meningkatkan rasa ingin berpartisipasi dari pengunjung.
  • Ilustrasi lucky wheel atau game sejenisnya bisa meningkatkan rasa buru-buru pengunjung untuk mengikuti tawaran yang disodorkan. 
  • Buat headline yang singkat, padat, tapi menjanjikan.
  • Sertakan keterangan tambahan di bagian bawah. Hal ini untuk menghindari Anda dari tuduhan “penipuan” karena embel-embel win the prize.
  • Lampirkan pula URL menuju halaman privacy policy dan term of service. Keduanya penting apalagi jika audiens bisnis Anda merupakan segmen internasional.
READ  Cara Terbaik untuk meningkatkan Konversi Landing Page Anda

Seperti biasanya, dari situlah Uniqlo mendapatkan data untuk mengirimi Anda berita dan promosi terbaru dari produk-produknya. Tak lupa, Uniqlo juga memberikan opsi promo dan produk apa yang diinginkan.

Tips membuat landing page ala Uniqlo:

  • Sesuaikan tampilan landing page dengan branding usaha Anda.
  • Tampilkan logo jika desain landing page sudah sangat sederhana. Setidaknya, logo akan membuat tampilan lebih mudah diingat.
  • Berikan opsi promosi untuk calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan hanya akan mendapatkan info yang paling relevan dan diinginkan.
  • Opsi “laki-laki” dan “perempuan” yang dipakai Uniqlo juga bisa diadaptasi

Landing page Mailchimp terdiri dari latar warna kuning yang khas, headline dengan font besar, sedikit sub-headline, serta visual yang apik dan mudah diingat. Estetis sekali, bukan?

Tips membuat landing page ala Mailchimp:

  • Gunakan kombinasi warna yang masih sesuai dengan nuansa logo. Hal ini bisa menampilkan kesan simpel dan khas tanpa harus menambahkan logo.
  • Headline dengan font ukuran besar bisa mencuri perhatian pengguna dengan cepat. Apalagi jika headline yang dimaksud dalam bentuk kalimat tanya.
  • Beri kalimat keterangan tambahan di sub-headline. Ini diperlukan agar calon pelanggan teryakinkan atau tahu benar apa yang bisnis Anda tawarkan.
  • Visual yang unik membantu pengunjung untuk tak lekas beranjak dari landing page.

Kesimpulan dan Penutup

Landing Page biasanya digunakan dalam sebuah website sebagai strategi marketing. Hal ini dilakukan agar membuat konsumen yang membuka website tersebut tertarik untuk mengetahui produk yang dijual.

Dalam penerapannya Landing page berbeda dengan homepage. Namun, untuk tools yang lebih sederhana dan efektif biasanya si penjual menggunakan landing page pada websiteb mereka.

Anda dapat menerapkan strategi marketing landing page pada website anda. Dengan membuat design yang menarik, agar pengunjung bukan hanya tertarik melihat produk anda. Namun segera membeli produk anda.

2 pemikiran pada “Arti Landing page halaman website untuk marketing”

Tinggalkan komentar