Tips Membeli Mobil Bekas Secara Online

teguh.info – Tips Membeli Mobil Bekas Secara online memudahkan Anda menghindari taktik penjualan yang akan membingungkan Anda dari sebuah dealer mobil , selain itu, juga akan menghindarkan Anda dari serangkaian jebakan dari pikiran anda sendiri ketika melihat deretan mobil-mobil yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh Anda. Maksudnya adalah, Anda akan tetap fokus pada mobil yang menjadi incaran anda. Jika Anda baru-baru ini mencari mobil bekas, mungkin, Anda bertanya-tanya apakah ada cara untuk membeli mobil tanpa harus melewati dealer mobil tradisional.

Dengan kemajuan teknologi, proses jual beli mobil juga bisa dilakukan dengan sistem online. Saat ini terdapat berbagai layanan penjualan mobil secara online yang menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan berbelanja mobil dengan cara yang sama seperti Anda berbelanja Pakaian atau barang kebutuhan lainnya.

Kami tidak berbicara tentang membeli dari beberapa situs jual beli online yang kebanyakan individu menjual mobil dengan cara yang sama seperti mereka menjual barang lain di Internet. Yang akan kami bahas disini adalah menggunakan internet untuk  membeli  mobil serta perbedaannya dengan pengalaman membeli melalui sistem jual beli secara tradisional. Bagaimana Anda bisa merasa mantap untuk membeli mobil yang belum pernah Anda uji coba? Bagaimana dengan membeli mobil yang tidak terlihat? Apakah itu berisiko?. Ada beberapa tips yang akan kami berikan jika anda memang tertarik untuk membeli mobil di internet. Sehingga pertanyaan tersebut dapat anda jawab sendiri nantinya. Berikut ini adalah tips membeli mobil secara online

1.Riset mobil yang anda inginkan

Langkah pertama ini harus tetap Anda lakukan saat memulainya (artinya tidak ada perbedaan dengan cara Anda ketika berencana membeli atau menyewa mobil dari dealer secara langsung). Sebelum Anda benar-benar mulai membayangkan memiliki mobil baru, penting untuk menentukan jenis kendaraan yang Anda mampu beli dan utamanya adalah mobil yang benar-benar anda butuhkan, terutama jika Anda memiliki anggaran yang minim. Riset akan membantu menjaga ekspektasi Anda sesuai dengan kenyataan yang ada. Dari sini, Anda dapat mulai mempersempit jenis-jenis mobil  yang memenuhi kriteria Anda. Ingat riset dan catat semua informasi dari mobil-mobil yang anda temukan. Bandingkan, lalu pilihlah mobil yang sesuai.

READ  Cara Membuat whatsapp bussines Dengan Mudah dan Cepat

2.Putuskan Apakah Akan Bekerja Dengan Dealer

Anda mungkin tertarik pada ide Membeli Mobil Bekas Secara  online berkat situs seperti Carmudi, Seva,atau situs lain yang ada di Indonesia yang dapat membantu Anda membeli mobil baru atau bekas melalui komputer tanpa berinteraksi secara pribadi dengan penjual di dealer. Situs-situs ini dapat menawarkan berbagai kendaraan dari pabrikan yang berbeda dan dengan harga yang berbeda. Namun, jika Anda telah melakukan riset dan mempersempit daftar Anda menjadi satu atau dua kemungkinan, mungkin akan lebih mudah atau murah untuk tetap menggunakan dealer mobil tradisional. Cukup catat informasi kontak penjualan internet dan kirimkan email atau pesan kepada mereka untuk meminta penawaran pada kendaraan yang Anda inginkan. Catatan riset yang sudah anda lakukan sebelumnya akan sangat berguna disini. Misalnya, anda bisa menanyakan jumlah stok dari mobil yang anda inginkan. Atau mungkin anda akan tertarik pada penawaran mobil terbaru dari dealer online yang anda hubungi. Bagaimanapun, Anda tidak diharuskan untuk membelinya.Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki opsi untuk membandingkan penawaran dari beberapa dealer. Jadi tidak ada salahnya untuk bertanya. Dan, dari sini tentukan akan membeli secara online atau secara jual beli tradisional.

3.Pertimbangkan Test Drive

Jika Anda berencana Membeli Mobil Bekas Secara  online dengan tujuan untuk menghindari dealer, perlu diingat bahwa ketika anda meminta test drive dari delaler online artinya Anda bertemu secara langsung. Anda dapat meminta jadwal untuk melakukan test drive kendaraan yang Anda inginkan (atau yang sejenisnya) tetapi akan sulit untuk menghindari keterlibatan dengan staf dealer saat Anda berada di sana. Jika Anda menggunakan layanan pihak ketiga dan test drive akan menjadi sangat penting bagi Anda. Dan sebagai catatan, tidak semua layanan mobil online dapat mengakomodasi test drive. Berbeda dengan kasus dimana Anda akan mobil baru. Anda masih bisa meminta test drive dari dealer lokal. Tujuan Anda disini adalah membeli mobil bekas yang tidak dapat Anda lihat atau kendarai. Anda akan mau mengambil risiko yang serius ketika mobil yang datang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi anda. Carilah dealer online yang menyediakan fasilitas penjadwalan test drive. Sehingga Anda akan yakin dengan transaksi yang akan Anda lakukan.

READ  Menambah 4000 jam tayang dengan cepat dan mudah

4. Tanyakan keabsahan dokumen dan riwayat kendaraan

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, anda tidak ingin hadirnya masalah dalam hal ini. Resiko pelanggaran hukum akan menanti jika anda tidak menanyakan keabsahan dokumen dari mobil yang anda inginkan. Risiko itu sendiri sebenarnya tidak bisa dihilangkan dari transaksi jual-beli mobil. Akan tetapi Anda dapat meminimalisir risiko tersebut dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya soal mobil yang Anda incar. Jadi bila Anda tengah mengincar mobil bekas, cobalah luangkan waktu Anda untuk menghubungi bengkel resmi mobil, lihat rekam jejak mobil di sana. Di Indonesia, sebagian besar bengkel resmi sudah menyediakan rekam jejak servis mobil secara online. Artinya rekam jejak servis dari mobil bisa didapati dengan mudah.

5. Apakah Mobil Bekas Diperiksa Secara Mandiri

Langkah ini sangat penting jika Anda membeli mobil bekas secara online. Jarak yang jauh dari dealer, atau dari penjual pribadi akan menyulitkan Anda dalam memeriksa kondisi mobil. Jadi jika Anda tidak memiliki pengetahuan mekanik untuk memeriksa sendiri mobil atau Anda tidak berada di dekatnya, ada baiknya anda menanyakan apakah dealer mempersilahkan Anda untuk memeriksa kondisi mobil. Lalu aturlah agar mobil diperiksa oleh mekanik independen untuk ketenangan ekstra. Anda dapat menyewa jasa mekanik online dengan mudah. Sudah banyak situs yang menyediakan jasa tersebut.

6. Carilah Kebijakan Pengembalian

Tanyakan hal ini kepada dealer penjualan online. Tidak semua dealer memilki kebijakan untuk hal ini. Adanya kebijakan tersebut akan sangat membantu memberikan ketenangan pikiran kepada Anda. Ini bisa menjadi pilihan yang berharga jika anda pernah memiliki pengalaman belanja online Anda yang tidak sesuai dengan harapan Anda.

Putuskan Bagaimana Anda Akan Mendapatkan Mobil Baru Anda

Jika Anda membeli mobil melalui departemen penjualan online di dealer atau dari layanan pihak ketiga, mereka mungkin akan mengirimkan mobil tersebut langsung ke rumah atau tempat kerja Anda. Namun bagaimanapun, Anda telah melakukan hal-hal yang sulit, dan sekarang Anda dapat duduk dan menikmati sementara penjual benar-benar bekerja ekstra. Namun, tidak semua dealer menyediakan keuntungan ini, dan sementara beberapa layanan pihak ketiga menyertakan pengiriman dalam harga mobil, yang lain mengenakan biaya terpisah.Dan akhirnya, setelah membaca artikel Tips Membeli Mobil Bekas Secara  Online, keputusan ada di tangan Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar