Ide Penghasilan Sampingan Sederhana Dengan Modal Kecil

Teguh.info – Pernahkah anda melihat warung kecil, pedagang dengan gerobak, atau kios menengah di sekitar Anda? Tentu saja banyak sekali bisnis kecil disekitar kita. Mungkin terlihat sepele, namun jika dijalankan dengan baik maka bisa jadi akan menjadi sumber penghasilan tambahan yang membantu kesehatan keuangan kita. Nah, pada kali ini kita akan bahas Ide Penghasilan Sampingan Sederhana yang bisa kita lakukan di waktu luang kita.

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya ide penghasilan pasif yang bisa anda gunakan. Pada kali ini, kita akan membahas penghasilan yang cenderung aktif namun sifatnya adalah sampingan. Artinya, anda bisa melakukan pekerjaan ini kapanpun anda mau di waktu luang yang anda punya. Dan tentu saja tidak mengganggu pekerjaan utama anda.

1# Warung Kopi

Saat ini, bercengkrama dengan kolega, rekan maupun keluarga di cafe sudah menjadi tren di Indonesia. Namun, hal ini bukan menjadi alasan jika warung kopi sederhana tidak potensial menjadi bisnis sampingan anda. Saya sendiri senang menghabiskan waktu di warung kopi sederhana milik tetangga saya. Selain harganya terjangkau, kita juga bisa mengakrabkan diri dengan lingkungan sekitar. Apalagi dalam kondisi keuangan yang serba susah seperti ini.

Dan jika anda ingin membuka usaha sampingan ini sebagai pengisi waktu luang anda dirumah, anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulainya. Selain kopi, anda juga bisa menambahkan makanan ringan seperti gorengan dan lontong. Dan jika anda ingin ada sentuhan modern dalam usaha ini, Anda bisa juga memasang fasilitas wifi untuk pelanggan Anda. Bisa anda gratiskan, atau Anda pasang tarif murah untuk menikmati internet di warung anda.

READ  6 Aplikasi Editor Video YouTube Terbaik Untuk Android 2020

2# Jasa Catering dan Snack

Bagi Anda senang dan mempunyai hobby memasak, Anda bisa menyalurkan hobby anda ini pada bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan di waktu luang anda. Anda bisa tawarkan jasa Anda kepada teman dekat, keluarga atau tetangga. Anda bisa mendapatkan uang sampingan dari kegiatan ini. Apalagi jika memang masakan yang Anda masak tergolong enak. Jangan heran nantinya bisnis sampingan ini menjadi bisni utama Anda.

Untuk memulainya pun bisa Anda lakukan dengan sederhana. Cukup anda memasak masakan andalan anda dan ajak teman-teman anda untuk mencicipinya. Dan tawarkan jasa Anda pada teman anda terebut. Anda juga bisa membawa masakan anda sebagai bekal bekerja, mintalah rekan kerja anda untuk mencicipi dan menilai hasil masakan anda.

3# Kios BBM

Ide penghasilan sederhana ini juga cukup mudah untuk di wujudkan. Selain itu, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Kita cukup menyiapkan kios atau tempat untuk menggelar dagangan dan izin untuk menjual BBM yang bisa di dapatkan di kantor desa atau kelurahan setempat. Bahkan sekarang sudah ada alat dispenser BBM yang bisa digunakan. Tidak diperlukan ketrampilan khusus untuk menjalankan bisnis ini.

Selain menjual BBM, Anda juga bisa menambahkan kompresor untuk menyediakan jasa tambah angin. Bahkan anda bisa menyediakan jasa bengkel sederhana. Bisnis sampingan ini tidak terlalu menyita waktu anda. Jadi anda bisa meluangkan waktu untuk kegiatan lainnya di rumah.

4# Jasa Digital

Ini adalah ide penghasilan sederhana bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang komputer. Anda bisa menyediakan jasa desain grafik dari corel draw atau photoshop, bagi anda yang hobby menulis artikel anda juga bisa menjual artikel anda pada jasa penyedia artikel atau pemilik website. Atau anda juga bisa membuat website anda sendiri dan memperoleh penghasilan dari Adsense.

READ  Menambah 4000 jam tayang dengan cepat dan mudah

Bagi anda yang mempunyai kemampuan dalam bidang editing video, anda bisa menyediakan jasa editing video atau anda bisa membuat channel youtube anda sendiri. Bisa juga dengan menyediakan jasa pembuatan landing page. Apalagi dalam masa perkembangan teknologi pada saat ini yang serba digital. Sudah barang tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang memiliki kemampuan dalam bidang ini.

5# Kolam ikan

Jika anda mempunyai lahan di rumah, anda bisa menyulap lahan tersebut menjadi kolam ikan. Kolam tersebut bisa anda isi dengan ikan yang memiliki masa pemeliharaan yang singkat seperti lele. Selain dijual anda juga dapat dapat memanfaatkan kolam tersebut sebagai konsumsi pribadi. Jika anda mempunyai lahan yang cukup luas, anda bahkan bisa mengubah kolam pribadi anda menjadi kolam pemancingan yang anda kombinasikan dengan warung kopi atau warung makan.

Apakah anda mempunyai banyak waktu luang?

Sebenarnya masih banyak lagi Ide Penghasilan Sampingan Sederhana Dengan Modal Kecil yang Anda bisa temukan di sekitar Anda. Jika memang Anda memiliki banyak waktu luang dirumah, dan Anda menginginkan tambahan penghasilan yang mudah dengan modal yang relatif kecil. Anda bisa mempertimbangkan beberapa ide tersebut. Atau Anda bisa memulai dengan hobby Anda sendiri. Ubahlah minat Anda menjadi pundi-pundi uang yang dapat mengisi kantong Anda. Selamat mencoba!

2 pemikiran pada “Ide Penghasilan Sampingan Sederhana Dengan Modal Kecil”

Tinggalkan komentar