Fungsi Stabilizer kamera dan rekomendasi merk untuk vlogger

Teguh.info – Kualitas video tak kalah pentingnya dengan kuantitas video. Peralatan yang tepat akan membantu Anda dalam mengasilkan kualitas video yang sempurna untuk Youtube Channel Anda. Setelah membahas kamera dan tripod pada artikel sebelumnya. Kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Stabilizer kamera pada perekaman video serta rekomendasi merk stabilizer atau gimbal (gimble) untuk vlogger.

Faktor utama dari kualitas video yang bagus untuk ditayangkan pada Youtube Channel adalah isi atau konten video tersebut. Semakin bermanfaat konten yang anda buat, maka kualitasnya tentu akan semakin baik. Namun, dibalik itu apakah cukup? Saya rasa tidak. Tentunya ada factor lainnya yang bisa mendukung kualitas video itu sendiri seperti audio dan visual dari video. Apakah penting? Tentu saja, Anda tidak mau penonton Anda meninggalkan video yang dibuat hanya karena video tidak direkam dengan sempurna bukan? Maksudnya adalah terlalu banyak goyangan, noise dan pencahayaan yang kurang tepat bahkan resolusi yang terlalu kecil.

Fungsi Stablilizer

Sesuai dengan namanya, stabilizer memang berguna untuk membuat pergerakan pada video lebih smooth dan stabil. Apalagi jika Anda seorang vlogger yang memiliki konten yang menampilkan aktivitas dengan banyak gerakan seperti skater, motovlog atau kegiatan yang memacu adrenalin.  

Proses pengambilan gambar memang sangat rentan terhadap gerakan. Anda tentunya pernah mengambil video ketika berjalan melewati jalan atau menyusuri pantai dengan menggunakan Handphone Anda bukan? Bagaimana hasilnya?. Sudah pasti video yang dihasilkan akan mengikuti pergerakan badan atau tangan Anda. Apaalagi ketika Anda mengambil atau merekam video sambil berlari. Hasilnya akan lebih buruk lagi.

READ  Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?

Disitulah letak kegunaan dari stabilizer. Alat ini akan mampu meredam dan mengurangi goyangan dan menghasilkan gambar yang smooth. Prinsip kerja dari alat ini menyerupai prinsip pergerakan pada sendi.  Hal ini akan membuat kamera Anda akan tetap stabil walaupun Anda melakukan banyak gerakan ketika merekam. Banyak yang harus Anda ketahui dalam menggunakan stabilizer. Namun pada intinya, alat ini akan membantu Anda untuk menghasilkan video yang lebih smooth, minim goyangan dan berkualitas.

Rekomendasi Merk Stabilizer yang berkualitas

Setelah membahas Fungsi Stabilizer kamera, saatnya Anda untuk mencari stabilizer yang cocok untuk Anda. Ada banyak merk gimbal atau stabilizer yang dapat Anda cari pada kolom pencarian google. Namun ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa merk stabilizer berikut ini:

1# DJI Ronin SC pro

Bagi Anda yang memiliki kamera mirrorless, gimbal ini sangat tepat untuk Anda gunakan. Ronin SC Pro memiliki 3 axis yang dapat berputar sehingga dapat mengontrol perekaman gambar dengan sempurna. Anda juga dapat mengontrol pergerakan gimbal dengan smartphone yang dihubungkan via Bluetooth. Selain itu, stabilizer ini dapat mengikuti gerakan objek yang sudah ditentukan dengan fitur active tracking. Bobotnya yang ringan akan memudahkan Anda dalam membawa nya kemanapun.

2# Moza Air  Cross

Gimbal ini memiliki desain yang ramping dan ringan sehingga Anda dapat dengan mudah membawanya pada proses pengambilan gambar. Memiliki sistem quick release pada plate sehingga memudahkan anda melepaskan kamera dari stabilizer. Selain itu, gimbal ini memiliki sensor yang responsive dengan menggunakan remote control. Hal ni akan membuat gimbal ini dapat mengikuti gerakan Anada secara otomatis lewat remot controlnya. Gimbal ini juga memiliki aplikasi yang kompatibel dengan sistem Android Anda.

READ  Merk Tripod yang bagus untuk kegiatan vlogging

3# Feiyu G6 Plus

Dapat digunakan untuk berbagai jenis kamera. Baik action camera, mirrorles, kamera saku bahkan smartphone Anda. Terdapat juga fitur koneksi Bluetooth dan Wi-fi . Feiyu C6 dapat membantu mengatur kamera Go-Pro Anda melalui pengaturan pada Aplikasi smartphone yang terhubung via Bluetooth. Bodi yang mantap didukung dengan pergerakan motor yang halus, akan membantu Anda merekam video vlog Anda dengan baik.

4# Savenoak Mini Action SK-W08

Bobotnya yang ringan mampu menopang beban hingga 0,5 kg cocok untuk digunakan pada jenis action camera dan smartphone. Dilengkapi dengan handle yang empuk dan nyaman untuk digunakan. Dengan harga yang terjangkau sangat cocok bagi Anda yang belum pernah menggunakan gimbal dan ingin mencobanya untuk pertama kali. Hasil video anda akan terlihat professional.

5# Taffware Steadycam S40

Pegangan pada  Steadycam akan membantu Anda menggengam dengan mantap adan menghasilkan video bebas goncangan. Dilengkapi dengan counterweight yang bisa Anda atur pada kedua sisi agar tetap stabil. Stabilizer ini dapat Anda gunakan  pada banyak jenis kamera dan bahkan smartphone. Plate pada stabilizer ini memiliki desain Anti-slip sehingga Anda akan merasa aman menggunakannya. Gimbal ini akan membantu Anda dalam menjaga kestabilan gambar saat mengambil video dalam berbagai macam posisi.

Penutup

Demikianlah pembahasan kita mengenai fungsi stabilizer kamera dan rekomendasinya. Dengan menggunakan peralatan yang tepat, hasil video yang Anda rekam tentunya akan memuaskan dan berkualitas. Dan, video yang berkualitas akan memanjakan Audiens Youtube Channel Anda. Mereka akan puas, terhibur dan dapat dengan mudah menangkap pesan yang Anda sampaikan pada video.  Anda dapat mencari jenis peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat

Satu pemikiran pada “Fungsi Stabilizer kamera dan rekomendasi merk untuk vlogger”

Tinggalkan komentar