Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan

Teguh.info – Setelah kita membahas kelebihan dan kekurangan pada platform blog, saatnya Anda mencoba untuk membuat blog Anda sendiri. Anda dapat mencoba platform blogger dengan menggunakan layanan dari blogpot atau worpress. Namun, akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangunwebsite atau blog sampai Anda mendapatkan penghasilan dari blog tersebut. Dan langkah pertama yang Anda perlukan adalah membuat blog Anda sendiri. Kali ini saya akan memberikan tutorial Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan.

Ada banyak cara lain untuk mendapatkan uang yang bisa Anda coba. Namun, membuat blog adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengasilan di internet yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Saya dan kawan-kawan yang tergabung di teguh.info sudah merasakan hasil dari beberapa Blog atau website yang kami kelola sebagai pekerjaan sampingan. Dari AdSense, Pemasangan Banner di website, pemasangan content placement sampai dengan pembuatan blog atau website pribadi. Sekarang giliran Anda untuk mencoba hal yang sama dan mulai meraup rupiah dari blog Anda. Tutorial ini saya buat bagi pemula yang ingin mencoba membuat blog. Bagi master dan blogger senior, kami mohon bimbingan agar tutorial ini bisa lebih baik lagi. Berikut ini adalah cara membuat blog melalui blogger.

Cara membuat blog melalui Blogger :

  1. Memililki atau membuat akun gmail
  2. Membuka situs www.blogger.com
  3. Mengatur blog
  4. Membuat posting

Penjelasan cara membuat blog melalui Blogger :

1# Memililki atau membuat akun gmail

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya bukan hal yang susah untuk membuat satu akun gmail. Dan saya yakin Anda memilki minimal satu akun gmail. Silahkan Anda login ke akun gmail anda atau membuat satu akun khusus untuk blog yang akan Anda buat.

READ  Cara Menautkan sitemap blog pada google Search Console

2# Membuka situs www.blogger.com

Setelah menyiapkan akun silahkan Anda masuk ke alamat www.blogger.com

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan blogger

Pilih BUAT BLOG, lalu masukan akun email yang sudah Anda siapkan dan masukan passwordnya.

Setelah itu pilihlah nama blog yang akan Anda buat. Pilihlah nama yang mudah diingat dan sesuai dengan passion Anda. Jika sudah klik Berikutnya

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan judul blog

Berikutnya adalah membuat Alamat URL dari blog Anda. Pastikan URL anda mudah untuk diingat oleh Anda dan Audiens atau calon pembaca Anda. Pastikan juga ketersediaannya. Setelah yakin Anda dapat melanjutkan dengan kilk berikutnya

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan url blog

Selamat blog pertama Anda sudah berhasil dibuat. Setelah ini Anda perlu mengatur blog Anda agar terlihat menarik sesuai dengan keinginan Anda.

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampinganpanel admin

3# Mengatur blog

Setelah berhasil membuat blog pertama Anda, selanjutnya adalah mengatur blog Anda

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan blog

Anda dapat mengatur Blog Anda melalui panel Admin di sebelah kiri layar

Untuk mengatur tampilan blog, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih tema blog. Silahkan Anda klik tema yang Anda inginkan. Tema yang ada tersedia gratis pada platform ini. Namun jika Anda meminginkan tema yang responsive dan lebih menarik Anda dapat membeli template premium. Dimana? Tenang saja, teguh.info memiliki banyak template premium dengan harga yang terjangkau.

Sekarang kembali ke penyuntingan tema, Ada banyak tema gratis yang bisa Anda pilih pada panel ini.  Pilihlah tema yang sesuai dengan keinginan Anda.

tema

Setelah menentukan tema yang Anda gunakan, Sekarang kita menuju ke pengaturan tata letaknya.

Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingantata letak

Sebelum menyunting Anda dapat melihat tampilan blog Anda dengan mengklik tanda mata di pojok kanan bawah layar Anda. Dibawah ini adalah tampilan pratinjau dari blog Anda.

pratinjau

Aturlah blog Anda sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat menmbahkan Favicon, Menambahkan logo, menambahkan widget dan menambahkan menu serta merubah warna atau tampilan yang Ada di blog Anda. Dan kita Akan membahasnya lebih jauh pada artikel berikutnya.

READ  Cara menautkan blog ke Google Analitik

4# Membuat posting

Setelah Anda menyesuaikan tampilan blog Anda, saatnya Anda membuat postingan Artikel pada blog Anda. Caranya Adalah dengan mengklik tombol Postingan baru

post

Buatlah postingan dengan memasukan judul postingan atau judul Artikel dan mulailah mengetik pada kolom penulisan artikel yang akan Anda buat. Usahakan Anda membuat artikel dengan jumlah kata lebih dari 300 kata. Anda juga dapat menambahkan gambar atau memasukan link pada artikel.

posting

Setelah membuat Artikel, masukan Label untuk mengelompokan Jenis Artikel yang Anda buat. Buatlah Deskripsi Penelusuran atau ringkasan artikel Anda dengan panjang kata 150 kata yang diperlukan untuk menampilkan pada penelusuran di mesin pencari.

Seteleah selesai Anda bisa mengklik publikasikan untuk menampilkan artikel Anda pada blog, atau Anda dapat melihat pratinjaunya terlebih dahulu agar Anda yakin sebelum mempublikasikannya.

pratinjau post

Cara mengedit Template Blog Agar lebih menarik :

Ada banyak template yang bisa Anda gunakan pada blog Anda. Anda dapat mencarinya dnegan mudah di internet. Anda perlu memikirkan template yang benar-benar cocok untuk digunakan pada blog Anda. Template sangat berpengaruh pada persaingan artikel pada pencarian google. Anda perlu menggunakan template blog yang responsive dan cantik. Setelah mendapatkan template yang sesuai, Anda dapat mulia mengatur tampialn pada panel tata letak seperti yang dijelaskan diatas.

Setelah Anda selesai mengatur tampilan blog Anda secara maksimal, langkah selanjutnya adalah membuat postingan rutin. Semakin banyak artikel yang Anda buat maka akan semakin baik untuk blog Anda. Buatlah postingan minimal 3-5 Artikel setiap harinya. Anda juga perlu mendaftarkan blog dan postingan Anda ke google webmaster atau search console agar postingan yang Anda buat semakin cepat untuk terindex oleh mesin pencari google search.

READ  Bagaimana Cara Blog Menghasilkan Uang ?

Cara mendapatkan penghasilan dari Blog:

Diterima oleh jasa periklanan AdSense biasanya adalah tujuan utama seorang blogger untuk mendapatkan uang dari internet. Namun akan membutuhkan beberapa kriteria yang cukup sulit untuk dapat diterima. Hal ini dikarenakan jumlah artikel, usia blog dan hal yang lain mempengaruhi diterima atau tidaknya blog tersebut. Anda membutuhkan kesabaran dan keuletan dalam hal ini. Jangan menyerah untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Selain Adsense, anda juga bisa menjual produk atau jasa yang Anda miliki di blog. Anda juga dapat memeproleh uang dengan jasa content placement dan juga program affiliate. Intinya ada banyak jalan agar Anda memperoleh uang dari blog Anda.

Penutup

Demikianlah tutorial singkat Cara membuat blog  untuk mendapatkan penghasilan sampingan . Saya menyadari tutorial singkat ini belumlah cukup karena tidak mencakup secara keseluruhan. Terutama pada bagian pengaturan tampilan blog, karena akan memakan banyak sekali cara atau tutorial dalam mengedit bagian-bagian pada hal tersebut.  Namun, Anda dapat menghubungi Admin disini jika Anda mengalami kesulitan atau ingin mendalami tentang pembuatan blog. Kami akan membantu Anda dengan senang hati. Selamat mencoba

Anda dapat mengunduh Tutorial ini dalam bentuk PDF melalui tautan dibawah ini

DOWNLOAD TUTORIAL

4 pemikiran pada “Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan”

Tinggalkan komentar