Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?

teguh.info – Bagi Anda yang ingin berkarya di internet mungkin sedang bertanya Penghasilan Adsense blogger atau youtuber mana yang lebih menjanjikan? Dan Anda merasa bingung dalam menuangkan ide atau kemampuan Anda melalui platform blog ataau youtube. Nah pertanyaannya adalah dimanakah sebaiknya kita menampilkan konten yang anda miliki agar bisa mendapat penghasilan melalui AdSense? Apakah melalui blog (dengan menjadi blogger)  ataukah membuat YouTube Channel (dengan menjadi youtuber)? Pertanyaan selanjutnya adalah apakah penghasilan AdSense di Blog lebih baik daripada Youtube ataukah sebaliknya?

Baiklah, dengan artikel ini kita akan coba untuk mendalami kedua platform tersebut, sebelum menjawab pertanyaan Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?. Sehingga Anda dapat memilih salah satu platform yang ada sesuai dengan kemauan dan kemampuan Anda. Atau bahkan Anda dapat mencoba peruntungan dari kedunya.

Blogger atau Youtuber?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu memperhatikan kemampuan yang diperlukan untuk mengelolanya. Dan kemampuan standar itu bisa kita uraikan sebagai berikut:

Kemampuan Yang Harus dimilki Blogger

Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?

1# Coding

Untuk membuat atau membangun blog atau website Anda tentu memerlukan skill ini. Tidak dipungkiri bahwa kemampuan coding diperlukan untuk mengatur dan menyesuaikan template yang  Anda gunakan pada blog atau website Anda. Semakin Anda menguasai pemrograman atau coding, tampilan dan fungsionalitas dari blog Anda tentu akan semakin baik.

Lantas bagaimana jika Anda tidak menguasainya? Semua hal tentunya diawali dengan belajar. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang ini. Bahkan tanpa guru pun Anda dapat menguasai coding secara otodidak dengan belajar dari tutorial yang banyak tersedia di Internet. Yang diperlukan adalah kemauan yang keras untuk belajar. Berita baiknya adalah sekarang sudah banyak template, widget, pluggin dan sebagainya yang Anda bisa gunakan tanpa harus menguasai coding. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mempelajarinya.

2# Penulisan dan Jurnalistik

Kemampuan kedua ini perlu Anda kuasai. Nyawa dari sebuah blog atau website adalah artikel.  Tanpa artikel , blog tidak akan berjalan bukan. Karena blog addalah platform yang menyediakan bahan bacaan bagi Audiens. Anda perlu berwawasan luas dan menguasai minimal satu tema untuk Anda jelaskan pada Audiens atau pembaca Anda. Cara paling mudah adalah menentukan tema atau konten yang memang Anda kuasai betul. Maka percayalah ketika Anda mulai menuliskan artikel, akan terasa lebih mudah.

Anda juga perlu memperhatikan kode etik jurnalistik yang ada. Hindarilah hal-hal yang tidak pantas Anda tuliskan atau Anda publikasikan. Setelah itu perlahan-lahan akan menguasai gaya penulisan dan optimasi SEO agar tulisan yang Anda buat dapat diihat oleh Audiens yang banyak melalui mesin pencari.

READ  5 Peralatan Yang Wajib Dimiliki Youtuber

3# Desain Grafis

Dalam sebuah artikel kiranya tidak akan lengkap jika tidak ada gambar sebagai penjelas atau pemanis didalamnya. Oleh karenanya Anda perlu juga menguasai hal ini. Anda dapat membuat gambar Anda sendiri melalui aplikasi seperti Corel draw atau Photoshop.

Dengan menguasai desain grafis, maka tulisan yang Anda buat pada blog Anda akan semakin menarik untuk dikunjungi.

4# Komunikasi

Komunikasi adalah kemampuan yang perlu juga Anda kuasai. Dengan komunikasi Anda dapat mempromosikan blog Anda untuk mendapatkan Audiens. Anda perlu juga mengikuti komunitas blogger yang ada, agar Anda mendapatkan informasi dalam mengembangkan blog Anda.

5# Manajemen Keuangan

Mengapa  manajemen keuangan juga perlu Anda kuasai? Jika berbicara mengenai blog secara professional. Anda sangat membutuhkan kemampuan manajemen keuangan. Blog yang dikelola secara professional membutuhkan hosting dan domain yang terbaik tentunya. Dan hal tersebut tidaklah gratis. Anda perlu menyewa hosting dan nama domain Anda yang biasanya disewakan untuk  1 tahun. Anda bisa mencari informasi ini di internet.

Memang benar Anda dapat membuat blog secara gratis melalui blogger, wordpress atau joomla. Namun seperti yang saya jelaskan sebelumnya, jika Anda memang serius dalam menekuni blog, Anda perlu menggunakan fasilitas yang professional juga dengan menyewa web hosting dan domain (Top Level Domain) . Hal ini akan berpengaruh besar terhadap kinerja dari blog yang Anda miliki.

Kemampuan Yang Harus dimilki Youtuber

youtuber

1# Membuat Konsep Video

Membuat konsep adalah hal yang menurut saya sangat penting untuk dikuasai oleh youtuber. Dengan konsep yang baik, rapid an tertata, Anda dapat dengan mudah membuat video yang akan Anda publikasikan. Konsep tersebut dapat Anda tuangkan dalam Naskah atau scenario. Hal tersebut berguna agar konten video Anda memilki arah yang jelas dan dapat dengan mudah dimengerti oleh Penonton.

Dengan konsep, video Anda tidak akan melenceng jauh dari pembahasan yang sedang Anda jelaskan kepada Audiens Anda.  Anda juga perlu untuk mengonsep video Anda dalam tahap editing video. Dimana Anda harus meletakkan animasi, efek atau Audio yang tepat. Sehingga anda akan menghasilkan konten video yang maksimal dan berkualitas.

2# Rekaman Video

Agar dapat menarik pengunjung, maka video yang ditampilkan pada youtube channel Anda haruslah berkualitas dan tidak asal-asalan. Dan hal tersebut diperoleh dengan teknik rekaman video yang tepat. Tentunya Anda tidak perlu menunggu sampai menguasai teknik cinematography dulu. Anda cukup menguasai teknik dasar merekam video saya rasa cukup untuk menampilkan konten yang berkualitas.Teknik tersebut diantaranya adalah teknik pencahayaan, pengaturan Audio, menentukan sudut pengambilan gambar dan teknik dasar lainnya.

3# Presentasi

Skill presentasi yang baik akan membuat Audiens Anda dapat dengan mudah untuk memahami video yang Anda buat. Anda harus bisa menyampaikan isi dari video yang Anda buat dengan baik. Sehingga Audiens anda merasa nyaman dan menangkap pesan yang Anda sampaikan pada video tersebut.

Kemampuan presentasi yang baik sangat diperlukan bagi Anda yang akan membuat Youtube Channel seperti Tutorial atau Konten unboxing.  Anda harus bisa menyampaikan poin-poin penting yang harus dipahami oleh Audiens Anda.

READ  Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan

4# Editing video

Kemampuan editing video mutlak untuk Anda kuasai. Apalagi ditengah persaingan dengan konten video lainnya di Youtube. Semakin baik skill Editing Video yang Anda kuasai maka akan semakin menarik video yang Anda tampilkan.  Ada banyak aplikasi video yang Anda bisa gunakan. Bahkan Anda dapat menggunakan Aplikasi editing video pada smartphone yang sudah saya bahas pada artikel Aplikasi Android Editing Video untuk Youtube. Atau Anda dapat meggunakan PC atau Laptop untuk mengedit video.  

Anda dapat menambahkan efek, memperbaiki audio, bahkan menambahkan Animasi pada video yang Anda buat. Anda bebas untuk berkreasi untuk mendapatkan hasil video yang berkuaitas dan semenarik mungkin. Sehingga Audiens Anda akan setia menonton video yang Anda buat dari awal sampai akhir.

Intinya dari kemampuan dasar tersebut  Anda akan memahami dan dapat dengan mudah memilih platform yang akan Anda pilih. Jika Anda memiliki kemampuan dalam mempresentasikan dan menghasilkan video maka  YouTube adalah pilihan yang tepat. Jika Anda lebih mampu dan menyukai penulisan artikel maka Anda lebih tepat untuk memilih platform blogger. Pada akhirnya,  passion Anda dalam menulis artikel atau membuat video akan menjadi penentu utama. Hal ini dikaarenakan masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Blog dan Youtube dari segi Monetize AdSense

Sebelum menjawab pertanyaan Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan? Tentunya kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Adsense Blog

Pertama adalah pendapatan atau revenue share yang lebih tinggi sekitar 68%  untuk publisher atau pemilik blog  dan 32% untuk Google. Hal ini karena Anda menggunakan platform yang Anda miliki sendiri (web hosting dan website).

Dalam proses pembuatan konten yang jauh lebih mudah dari pada pembuatan konten  video. Jika Anda memerlukan waktu seharian (bahkan lebih) untuk membuat satu video, Anda hanya perlu memerlukan waktu yang jauh lebih sedikit untuk menuliskan satu artikel. Bahkan Anda dapat menghasilkan Artikel dalam waktu satu jam saja jika Anda benar-benar menguasai tema.

Biaya yang murah, untuk ini silahkan Anda  berhitung, jika menyewa hosting dan domain diperlukan  biaya sekitar 1 juta. Silahkan Anda bandingkan dengan biaya pembuatan konten video youtube yang berkualitas.  (Saya sudah pernah membahasnya pada artikel peralatan yang wajib dimiliki oleh youtuber). Dari segi penggunaan kuota data, tentunya Anda memerlukan kuota yang cukup besar untuk mengupload satu saja video dengan kualitas 4K (baca lagi manajemen keuangan). Silahkan dipikirkan lagi selain biaya yang dikeluarka  untuk menyewa hosting dan domain, biaya apa lagi yang harus dikeluarkan oelh blogger? Jawabannya adalah hampir tidak ada sama sekali. Blogger hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa hosting dan domain untuk tahun berikutnya. Dan percayalah dalam satu tahun Anda sudah dapat menikmati hasil dari Adsense. Dan dapat digunakan untuk membayarnya.

READ  Tips Memulai Youtube Channel Anda Sendiri

Kelebihan AdSense YouTube

Proses approve AdSense jauh lebih mudah jika dibandingakn dengan proses approve website.  Anda perlu memiliki Youtube Channel yang terverivikasi agar Anda dapat mengunggah video lebi h dari 15 menit. Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 Subscriber serta YouTube Channel yang tidak melanggar Term Of Service YouTube.

SEO (search Engine Opimization)  di YouTube lebih sederhana jika dibandingkan dengan SEO pada blog atau website. Anda hanya perlu menuliskan judul, tag, deskripsi, kategori video, dan thumbnail yang menarik dengan keyword yang tepat.

Dengan basis Audiens yang sangat besar, untuk mendapatkan tayangan pada YouTube jauh lebih mudah. Apalagi jika video Anda masuk dalam trending video. Maka, video yang Anda buat bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan views

Kekurangan AdSense Blog dan Youtube

Kekurangan AdSense Blog

Proses approve AdSense sangat sulit dari waktu ke waktu. Proses review google Adsense mungkin adalah hal yang paling sulit untuk dilewati. Bahkan bisa sampai berbulan –bulan.

SEO yang jauh lebih sulit dari youtube, Anda perlu mengoptimasi baik onpage SEO maupun Offpage SEO. Apalagi jika kita membagun website baru dan harus bersaing dengan website lainnya. Perlu kerja keras untuk memberikan hasil  seperti yang Anda haapkan.

Basis Audiens dari blogger yang cenderung lebih sedikit dari Youtube. Rasionalnya adalah Audiens youtube didominasi oleh remaja berusia 18 sampai dengan 25 tahun dan anak-anak berusia antara kurang dari 18 tauhn. Apalagi sejak munculnya Youtube channel gaming.  Sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan Audiens blog yang biasanya berusia antara 17-50 tahun.

Kekurangan AdSense YouTube

Revenue share AdSense YouTube jauh lebih kecil sekitar 55% untuk publisher dan 45% untuk YouTube.

Delam membuat konten video tentu saja jauh lebih sulit daripada membuat artikel. Anda harus melewati proses rekaman dan editing video yang tentunya memerlukan waktu yang tidak singkat.

Biaya yang lebi banyak diperlukan untuk membuat video youtube. Seperti yang disebutkan diatas, untuk membuat konten video yang berkualitas tentuntya diperukan peralatan yang mumpuni. Dan tentunya memerlukan kuota data yang lebih besar untuk mengupload satu konten video ke Youtube Channel Anda.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasana mengenai pertanyaan Penghasilan Adsense blogger atau youtuber mana yang lebih menjanjikan?. Masing –masing platform memilki kelebihan dan kekurangan. Intinya kembali lagi pada kemampuan dan passion yang Anda miliki.  Jadikan kedua platform tersebut menjadi wadah dari kreatifitas, ide, pendapat dan ekspresi yang Anda miliki.  Ketika Anda mulai menikmati proses yang Anda jalani maka uang atau penghasilan dari kedua platform tersebut akan mengikuti dengan sendirinya. Jangan terjebak pada angan- angan mendapatkan easymoney  dalam jumlah yang besar dalam waktu yang singkat. Jika Anda melihat para konten creator yang memilki penghasilan fantastis, hal tersebut dikarenakan mereka memiliki fansbase mereka sendiri. Jadi silahkan Anda menjawab pertanyaan Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?Selamat berekspresi, semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?”

Tinggalkan komentar