Pengaturan layout template blog untuk pemula

teguh.info – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memilih template yang SEO Friendly. Setelah Anda memilih template, langkah selanjutnya adalah membuat tampilan blog terlihat lebih user friendly. Hal ini dapat Anda lakukan melalui pengaturan layout template blog. Anda dapat mengatur tampilan blog sesuai dengan keinginan Anda melalui panel Layout atau tata letak.

Pada tutorial kali ini kita akan membahas cara mengatur layout pada blog dengan tema bawaan yang sudah disediakan yaitu contempo light. Dasar pengaturan yang digunakan untuk mengatur kurang lebih sama dengan template blog lainnya. Namun ada beberapa tema yang memang didesain menggunakan kode HTML untuk mengaturnya. Anda dapat menecari tutorial pengaturan layout yang biasanya disediakan oleh penyedia template. Nah, sebelum memulai, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pehatikan dalam mengatur layout blog. Hal teserbut adalah

Menu layout atau tata letak pada blog

Pada menu layout Anda dapat melakukan penyesuaian pada elemen atau struktur yang terdapat pada template blog.  Anda dapat menyesuaikan Header ( Tajuk ), Sidebar (Bilah sisi) maupun Footer. Anda dapat melihat tampilan blog dengan cara mengklik gambar mata di pojok kanan bawah layar.

Pengaturan layout template blog untuk pemula

Dalam mengedit tiap bagian Anda dapat mengklik icon pensil pada tiap bagiannya. Namun pada prinsipmya kita hanya perlu mengedit header, sidebar dan footer saja. Namun, seperti yang dijelaskan. Anda dapat mengkustomisasi tampilan blog Anda sesuai keinginnan Anda. Gambar dibawah ini adalah tampilan utama blog sebelum diatur tata letaknya.

Pengaturan layout template blog untuk pemula

Pengaturan Header

Kita dapat mengatur header pada tampilan blog. Pada template contempo light pengaturan header berisi judul blog Anda. Anda dapat menggantinya dengan judul blog Anda sendiri atau dengan menggunakan logo yang Anda buat sebelumnya.

judul header

Untuk menampilkan logo sebagai judul, Anda dapat memilih logo dengan cara memilih file dari computer Anda. Ganti pilihan penempatan menjadi Selain Judul dan Keterangan. Setelah itu klik Simpan.

gambar untuk judul

Anda dapat melihat perubahan yang ada pada tampilan blog Anda.

preview blog

Membuat Menu dengan menggunakan Widget

Menu pada blog akan mempermudah navigasi pada halaman blog Anda. Pengunjung akan dengan mudah mencari apa yang mereka butuhkan dari blog. Hal ini akan berpengaruh besar pada optimalisasi SEO pada blog. Pengunjung yang merasa mudah dalam menemukan apa yang mereka cari pastinya akan merasa nyaman dan kemungkinan besar akan memprioritaskan blog Anda sebagai acuan dalam pencarian selanjutnya.

READ  Trik menulis artikel SEO Friendly 1000 kata dalam 1 jam

Untuk menambahkan Menu halaman Anda cukup klik tambahkan widget lalu cari widget halaman. Tampilan tambahkan widget akan menampilkan widget standar yang dapat Anda pilih untuk ditampilkan. Anda dapat dengan bebas mengkustomisasi hal ini. Namun saran kami adalah menambahkan widget yang berguna dalam navigasi blog. Seperti Halaman, Arsip, dan Label. Sekarang carilah dan tambahkan widget Halaman

widget blogspot

Halaman yang ditambahkan ini adalah halaman bilah sisi. Setelah menambahkan halaman, Anda akan mengkustom halaman apa saja yang Akan Anda muat dalam Menu blog.

menu blog

Halaman yang sudah Anda buat akan secara otomatis ditampilkan pada pengaturan ini. Namun, Anda juga dapat menambahkan Link khusus untuk menampilkan Menu yang bukan berasal dari halaman (contohnya dari Label). Untuk menambahkan Anda klik tambahkan Link Ekternal Beri nama menu dan masukkan link URLnya. Setelah itu, beri tanda centang pada halaman yang Akan Anda tampilkan.  Klik simpan setelahnya.

Anda juga dapat menambhakan widget Halaman yang ada di bawah header dengan cara yang sama. Hanya letaknya saja yang berbeda, kali ini kita tampilkan pada Daftar Halaman Atas.

daftar halaman atas

Menambahkan Widget pada tampilan blog

Setelah menambahkan menu, Anda dapat mengedit widget yang akan ditampilkan. Seperti yang  dijelaskan diatas. Widget berguna untuk mempercantik atau menampilkan peralatan yang dapat digunakan pada tampilan blog Anda. Anda dapat meanambahkan atau menghapus widget sesuai dengan keinginan Anda. Ada banyak widget yang bisa Anda pilih. Yang paling sering digunakan pada blog adalah

  • Popular Post
  • Label
  • Postingan yang di ungulkan
  • Halaman
  • Arsip
menu bilah sisi

Anda dapat melihat perubahan pada bilah sisi pada tampilan blog Anda. Menu dan widget yang Anda pilih muncul pada bilah sisi serta Daftar halaman Atas.

READ  Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Merubah Background dan Pengaturan Lain

Jika Anda menginginkan untuk merubah background, font, warna tema dan sebagainya. Anda dapat merubahnya melalui panel tema lalu klik sesuaikan.

sesuaikan tema blog Pengaturan layout template blog untuk pemula

Anda akan dibawa ke pengaturan tema. Pada tema contempo light Anda dapat mengatur background gambar, dengan cara klik ganti gambar. Atau jika anda tidak menginginkan ada gambar pada background Anda dapat menghapusnya.

background header Pengaturan layout template blog untuk pemula

Ada terdapat banyak gambar background yang dapat Anda pilih. Bahkan Anda juga dapat menggantinya dengan gambar yang Anda Upload dari computer Anda. Klik selesai ketika Anda sudah memilih background yang Anda inginkan.

backgroun image Pengaturan layout template blog untuk pemula

Jika sudah selesai mengatur background font, tema dan sebagainya pada pengaturan, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan cara klik icon disk di pojok kanan bawah layar Anda. Setelah itu, Anda dapat melihat tampilan Akhir yang sudah Anda atur untuk blog Anda.

final preview Pengaturan layout template blog untuk pemula

Penutup

Demikianlah Pengaturan layout template blog untuk pemula melalui pengaturan tata letak (Layout) pada dashboard blog. Dengan tampilan blog yang sesuai, Pengunjung akan merasa nyaman dan menikmati tulisan atau artikel yang Anda buat. Tenang saja Anda dapat mengatur kembali tampilan blog Anda kapanpun sesuai dengan keinginan Anda. Tutorial ini menggunakan tema standar contempo light yang ada pada platform blogger. Semoga bermanfaat.

Anda dapat mengunduh tutorial ini dalam bentuk PDF melalui tautan berikut ini

DOWNLOAD TUTORIAL

2 pemikiran pada “Pengaturan layout template blog untuk pemula”

Tinggalkan komentar