Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Teguh.info – Setelah Anda selesai mengatur tema pada blog Anda, saatnya Anda untuk membuat Artikel pada blog. Bagi Anda yang belum mengerti cara posting artikel pada blogspot, kami Akan memberikan tutorial singkat yang dapat Anda praktikan sendiri.

Artikel dan konten adalah nyawa dari sebuah blog, tanpa artikel dan konten bisa dikatakan bahwa blog Anda adalah blog yang mati. Pembaca yang datang mengunjungi blog Anda untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Hal tersebut bisa berupa Informasi, gambar ataupun file yang mereka bisa unduh dari halaman blog Anda.

Jadi Anda harus selalu mengupdate atau mempublikasikan artikel atau konten yang Anda buat. Idealnya Anda dapat membuat 3-5 postingan per hari, Anda dapat membuat postingan sesuai keinginan Anda. Anda dapat membagikan kemampuan yang dikuasai, anda dengan menulis tutorial, Informasi, materi ataupun file yang Anda punya. Jadi, mulailah membagikan pengetahuan Anda dengan membuat postingan pada blog. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara membuat posting artikel pada Blogspot

  1. Membuat postingan baru
  2. Menu Toolbar atau Post Editor
  3. Mode penulisan posting pada Blogger
  4. Pengaturan Posting
  5. Mempublikasikan postingan

Beberapa hal tersebut adalah dasar bagi Anda untuk membuat postingan pada blogspot.

1# Membuat postingan baru

Untuk membuat postingan Anda dapat membuka panel admin blog Anda. Jika Anda lupa anda cukup menuju ke halaman www.blogspot.com dan login melalui akun gmail Anda.

READ  Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan

Klik pada postingan baru  pada dashboard admin blogspot.

Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Setelah itu akan terbuka halaman pembuatan postingan atau Post Editor seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot post editor

2# Menu Toolbar atau Post Editor

Dapat Ada lihat gambar dibawah adalah antar muka post editor. Didalam kotak berwarna merah adalah Menu Toolbar atau post Editor. Menu ini digunakan untuk mengatur tampilan post Anda. Fungsi dari toolbar ini tidak jauh berbeda dengan Ms.office word. Anda dapat mengatur Rata kanan, rata kiri , menyisipkan gambar atau video dengan tool ini. Saya yakin Anda akan dengan mudah menguasai toolbar ini. Sehingga tidak perlu dijelaskan kembali secara mendalam

Yang perlu dilakukan adalah memasukan judul dan isi dari postingan. Pada tutorial Cara Membuat Posting Artikel kali ini saya akan menggunakan artikel latihan yang saya ambil dari halaman lorem ipsum.

Hal ini dilakukan agar posting latihan ini tidak terdeteksi sebagai spam pada sistem blogger. Jika Anda masih dalam tahap latihan, saya sarankan juga untuk menggunakan paragraph dari lorem ipsum, daripada Anda menggunakan 1 atau 2 kalimat sebagai latihan.

Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot interface

3# Mode penulisan posting pada Blogger

Ada 2 Jenis mode penulisan pada antarmuka post edito pada blogspot yaitu Tampilan Menulis dan Tampilan HTML. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot mode penulisan

Tampilan Menulis

Anda dapat menuliskan post standar menggunakan mode ini. Anda dapat menyisipkan gambar, menulis menyisipkan link dan sebagainya.  Jika Anda belum memahami kode HTML Anda dapat menggunakan mode ini. Prosesnya sama dengan menulis di program Ms.office word.

Tampilan HTML

Dengan mode HTML pada penulisan artikel post berguna untuk membuat postingan dengan menggunakan kode HTML.

html
preview

Ketika Anda membuat baris kode HTML pada mode tampilan HTML, apapun yang Anda masukan maka akan ditampilkan atau diterjemahkan ke dalam mode menulis. Begitu juga sebaliknya, ketika Anda memasukan teks pada mode penulisan maka akan diterjemahkan menjadi baris kode HTML. Anda dapat melihat contoh diatas.

READ  Penghasilan Adsense blogger atau youtuber yang lebih menjanjikan?

Kode HTML sangat berguna untuk membuat artikel anda menjadi lebih menarik. Namun Anda harus menguasainya dengan baik. Pada dasarnya, dengan mode tampilan menulis saja lebih dari cukup untuk membuat artikel.

4# Pengaturan Posting

Setelah Anda selesai menulis Artikel, saatnya untuk mengatur Postingan dengan menu Pengaturan postingan melalui setelan entri. Ada beberapa pengaturan yang dapat kita lakukan melalui setelan ini yaitu:

Label Post

Label post berguna untuk mengelompokan postingan dalam kategori yang kita tentukan. Anda dapat menggunakan beberapa kategori dalam satu postingan. Tiap kategori tersebut Anda pisahkan dengan tanda koma (,). Contohnya pada tutorial kali ini, teguh akan menambahkan label Tutorial, Blog  dan Artikel.

label post Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Anda dapat mengelompokkan kategori sesuai dengan jenis postingan dan blog Anda. Hal tersebut sangat berguna bagi pengunjung blog Anda untuk mencari artikel pada kelompok label. Bisa dilihat pada gambar dibawah. Ketika pengunjung menglik salah satu label, maka mereka akan ditapilkan semua artikel yang pernah Anda buat dengan kategori label yang sama.

fungsi label Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Dipublikasikan Pada

Pengaturan ini digunakan untuk menyetel kapan Anda akan mempublikasikan Artikel yang sedang Anda buat. Ada 2 pengaturan yang dapat digunakan pada hal ini yaitu

Otomatis

Jika Anda memilih otomatis maka artikel Anda akan dipublikasikan ketika Anda mengklik tombol publikasikan.

Setel Tanggal dan Waktu

Anda juga dapat mengatur waktu publikasi artikel Anda dengan memilih setel tangal dan waktu. Dengan mengeset tanggal dan waktu, artikel Anda dipublikasikan pada Tanggal dan waktu yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

setting jadwal post

Permalik

Permalink atau permanen link adalah alamat yang diberikan pada halaman sebuah blog atau website. Dengan kata lain, tiap halaman yang ada pada blog akan memiliki link yang berbeda. Anda dapat memberikan link khusus pada postingan dengan menggunakan settingan permalink.  Secara otomatis postingan yang Anda buat akan memiliki alamat URL, namun Anda dapat memberikan alamat khusus sesuai dengan keinginan. Gunakan tanda slash (-) untuk membuat link contohnya latihan-postingan-blog

permalink
Lokasi

Anda dapat menargetkan lokasi diterbitkannya artikel Anda. Namun anda juga dapat melewatkan pengaturan ini

lokasi
Opsi

Anda dapat mengaktifkan komentar dari pembaca artikel Anda. Jika anda tidak menginginkan ada komentar pada artikel maka Anda pilih jangan izinkan komentar.

Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot opsi

5# Mempublikasikan postingan

publikasi

Anda dapat melakukan pratinjau  sebelum mempublikasikan postingan . Hal ini akan membuat Anda merasa mantap untuk mempublikasikan Artikel yang anda buat. Anda masih dapat menyesuaikan postingan Anda sebelum mempublikasikannya. Jika Anda sudah merasa yakin maka Anda bisa klik Publikasikan>Konfirmasi.

READ  Pengertian Hosting dan fungsinya pada blog

Demikianlah tutorial Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot. Sekarang bukalah blog Anda dan mulailah menulis postingan lalu publikasikan.  Anda juga dapat mempromosikan tulisan Anda dengan membagikan ke platform sosial media yang Anda punya. Selamat Mencoba!

Anda dapat mengunduh tutorial ini dalam bentuk pdf melalui tautan berikut ini

DOWNLOAD TUTORIAL

Tinggalkan komentar