Kelebihan Dan Kekurangan Google Classroom

teguh.info -Kelebihan Dan Kekurangan Google Classroom РPandemi virus corona memang mengubah wajah dunia, keterbatasan aktifitas di luar ruangan mempengaruhi berbagai sektor salah satunya dibidang pendidikan. Hampir seluruh negara di dunia memberlakukan pendidikan secara online. Untungnya kecanggihan teknologi bisa membantu keadaan ini. Guru dan siswa masih bisa bertemu dan melakukan pembelajaran walaupun hanya melaui perangkat handphone atau komputer.

Google Classroom telah menjembatani guru bisa mengelola kelas layaknya kelas biasanya. Walaupun aplikasi ada jauh sebelum pendemi namun nama Google Classroom populer sejak pandemi terjadi. Dulu nama aplikasi tidak dikenal lantaran penggunanya masih sedikit.

Banyak yang mengira aplikasi ini hanya untuk mengajar saja padahal lebih dari itu guru bisa membuat soal, Mengirim file, mengirim tugas dan sebagainya. Apakah dengan fitur yang yang begitu lengkap Google Classroom berbayar? Tidak, aplikasi ini gratis, cukup dengan memiliki akun Google Anda sudah bisa menggunakannya.

Namun dibalik banyaknya keunggulannya pastinya mempunyai kekurangannya juga. Nah pada artikel ini kami akan mengulasnya apa kelebihan dan kekurangannya yang kami kutip dari beritabawean.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Classroom

Kelebihan Google Classroom

1. Mudah Digunakan dan Dan Mobile Friendly

Penggunaan handphone memang melebihi penggunaan perangkat lainnya. Tetunya google telah memikirnya dengan mendesain aplikasi ini mobile friendly. Melihat latar belakang siswa dan guru yang tidak semua mahir dalam menggunakan teknologi aplikasi inipun didesain mudah digunakan. Google Classroom sudah memberikan fitur yang lengkap dalam mengelolah sebuah kelas. Dari mulai memberikan materi, mengevaluasi dan memberikan nilai.

READ  5 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi

2. File Yang Dibagikan Aman Dan Terseimpan Ke Google Drive

Selain siswa dalam kelas tidak bisa mengakses kepada file yang diberikan ke dalam kelas tersebut, file yang dibagikanpun langsung masuk ke dalam Google Drive dan tidak akan hilang selamanya. Jika membutuhkannya Anda bisa mengaksesnya kapan saja. Jadi Anda sudah tidak perlu menyimpannya di aplikasi penyimpanan lainnya. Siswa bisa mengakses ke file tersebut kapan saja membutuhkan asalkan file tersebut belum di hapus.

3. Mudah Dalam Manajemen Tugas

Yang sulit dilakukan di Aplikasi lainnya adalah manajemen tugas. Siswa di dalam kelas bisa mengetahui kapan saja ada pemberian materi dan tugas dari pengajar. Tidak hanya akan memberikan notifikasi namun pemberitahuan juga terkirim ke email. Jadi siswa akan selalu mengetahui jika Anda tugas.

Selain itu guru juga mudah menginditifikasi siapa saja yang telah mengerjakan tugas. Dan siswapun juga sangat mudah dalam mengerjakan tugas tinggal melihat Classwork lalu klik tugas dari guru dan tinggal menjawab setelah itu tinggal mengumpulkan dengan klik ” Turn In”

4. Tidak Membutuhkan Kertas

Manfaat Daring ( Dalam Jaringan ) menggunakan Google Classroom adalah sama sekali tidak membutuhkan kertas. Karena semua bisa dilakukan secara digital. Misal saat guru akan membagikan materi maka tinggal membuat file dalam PDF saja kemudian tinggal mengupload file ke Google Classroom. Dan siswapun dalam mengerjakan tugas tinggal menjawab saja baik untuk soal essay maupun pilihan ganda.

5. Tampilan Bebas Iklan

Biasanya aplikasi yang gratis akan memasang iklan diberbagai tempat namun tidak dengan Google Classroom tampilannya bersih bebas iklan walaupun gratis. Memang Google selalu mempriotaskan kenyamanan pengguna. Lalu dari mana Google mendapatkan uang ? Tentunya itu tidak perlu ditanya karena Google memiliki seribu cara untuk tetap mendapatkan penghasilan.

READ  Cara mendaftarkan bisnis pada Google My Bussines

6. Intraktif

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang intraktif dimana guru dan siswa bisa saling memberikan sumber daya. Misal dalam memberikan materi, setelah tampil di Stream maka siswapun bisa mengomentasi materi tersebut atau siswa bisa langsung bertanya. Demikian juga saat memberikan soal siswa bisa mempertanyakan dulu tentang soal tersebut di bagian komen. Sedankan untuk mengumpulkan tugas di Google Classroom adalah fitur yang berbeda.

Kekurangan Google Classroom

1. Sulit Dalam Melakukan Penilaian Di Versi Mobile

Salah satu kekurangan dari Google Classroom sulit dalam melakukan penilaian, Tidak ada penilaian terhadap soal hanya melakukan penilaian dalam pengerjaan soal, tapi melakukan penilaian benar dan tidaknya jawaban  harus menggunakan aplikasi Google forms itupun hanya pada pilihan ganda.

2. Tampilannya Yang Membosankan.

Fitur Google Classroom hanya seputar memberikan materi, memberi tugas dan melakukan penilaian. Bagi beberapa orang tampilan yang itu itu saja terkadang membosankan. Sampai saat ini Google belum menambah fitur apapun padahal penggunanya terus mengalami kenaikan.

3. Integrasi Terbatas

Walaupun 1 akun Google bisa digunakan untuk semua akun google baik itu Youtube, Blog, Google drive, Google Form Dan yang lainnya tidak terintegrasi penuh hanya beberpa fitur saja. Misal dalam Membuat soal Google Classroom hanya terintegrasi dengan Google Form saja itupun hanya pada tampilan mobile. Untuk aplikasi yang lainnya belum tersedia.

4. Tergantung Kapasitas Google Drive

Sebagaimana yang kami jelaskan diatas bahwa apapun file yang terkirim di Google Classroom akan tersimpan di Google Drive. Sementara ini Googe membatasi kapasitas penyimpanan di Google drive yaitu hanya 15 GB saja. Lalu bagaimana jika kapasitasnya sudah penuh ? file yang akan Anda masukkan ke Google Classroom akan gagal Anda perlu update ke fitur premium agar bisa sepuasnya membagikan materi.

READ  Mic Eksternal untuk Youtuber dan rekomendasi merk

Untuk kekurangannya kami hanya menemukan 4 saja. Tapi sejauh ini menggunakan Google Classroom sudah sangat memuaskan utmanya karena kemudahnnya. Untuk aplikasi gratisan tentunya fitur yang tersedia sudah sangat sempurna.

Akhir Kata

Kelebihan dan kekurangan memang tidaklah mutlak seperti ulasan diatas. Setiap pengguna memiliki pandangan yang berbeda beda. Namun menurut kami kelebihannya sangat banyak menurut kami aplikasi ini sangat rekomended bagi guru yang ingin tetap terhubung dengan siswa siswa mereka. Semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan dalam memiliki aplikasi ini.

Tinggalkan komentar