Cara menautkan blog ke Google Analitik

Teguh.info –  Kali ini kita akan  membahas  Cara menautkan blog ke Google Analitik. Tutorial ini adalah seri terakhir dari seri dasar membuat Blog. Sebenarnya masih ada satu lagi yaitu Menautkan ke Google AdSense. Namun untuk dapat sukses menautkan ke Google AdSense dan mendapatkan penghasilan, tentunya membutuhkan waktu dan beberapa kriteria lagi yang harus Anda penuhi.  Karena Anda baru saja membuat blog, jadi dengan menautkan blog ke google Analitik bisa dikatakan sebagai langkah terakhir  dalam membuat blog secara dasar.

Lalu apa itu google Analitik? Dan apa manfaatnya bagi blog Anda?

Pengertian Google Analitik

Google Analitik adalah alat yang disediakan gratis oleh google yang dapat Anda gunakan untukn menampilkan statistic pengunjung blog Anda. Dengan google Analitik Anda dapat menelusuri pengunjung blog Anda berdasarkan halaman, sumber pengunjung blog (mesin pencari, sosial media dll), atau tautan yang Ada pada blog Anda. Anda dapat mengetahui data pengunjung Anda secara realtime, harian, mingguan atau tahunan. Anda dapat memperoleh data pengunjung blog Anda dengan layanan ini. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan dalam mengembangkan blog Anda.

Manfaat Google Analitik bagi blog

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan layanan Google Analitik yaitu:

Anda dapat memonitor aktifitas Blog Anda

Anda dapa mengetahui jumlah pengunjung baru, durasi sesi pengunjung dalam membaca atau mengunjungi artikel Anda. Anda juga dapat mengetahui rasio pentalan (Bounce Rate) hingga mengetahui pendapatan AdSense.

Mengamati pengunjung  secara realtime

Anda dapat menegtahui berapa pengunjung yang mengunjungi halaman blog Anda dan artikel yang sedang mereka baca. Mengetahui lokasi, sumber lalu lintas dan sumber traffic pengunjung Anda.

READ  Bagaimana Cara Blog Menghasilkan Uang ?

Mengamati karakter pengunjung blog

Anda juga dapat mengamati minat pengunjung dan karakteristik mereka berdasarkan  kegiatan yang mereka lakukan pada Blog. Dengan hal ini, Anda tentunya dapat mengetahui minat yang diperlihatkan oleh mayoritas pengunjung blog. Sehingga Anda dapat membuat Artikel yang lebih baik pada minat unggulan tersebut.

Mengetahui sumber traffic blog

Dengan google Analitik anda dapat mengetahui sumber trafik pengunjung Anda berasal. Baik dari platform mesin pencari seperti google, bing, baidu dll ataupun berasal dari sosial media seperti facebook, pinterest dll. Anda juga dapat mengetahui perangkat yang digunakan oleh pengunjung tersebut.

Mengetahui Artikel Populer dan Artikel yang jarang dibaca

Semua data kunjungan pada halaman Anda akan direkam dengan baik oleh google analitik, sehingga Anda dapat mengetahui artikel mana yang popular dan artikel mana yang jarang dibaca oleh pengunjung, sehingga Anda dapat merencanakan membuat artikel yang lebih baik nantinya.

Cara menautkan blog ke Google Analitik

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat yang Anda dapat dari google Analitik. Kita akan membahas cara membuat akun google Analitik. Anda hanya membutuhkan akun gmail yang tentunya sudah Anda punya. Berikut ini adalah langkah dalam membuat dan menautkan google Analitik:

1# Kunjungi halaman https://analytics.google.com/

Silahkan Anda kunjungi halaman Google Analytic lalu Klik MULAI MENGUKUR dan jangan lupa untuk memasukkan alamat email dan password akun gmail Anda.

Cara menautkan blog ke Google Analitik

2# Membuat Akun Analitik

Selanjutnya Anda akan membuat akun Analitik blog Anda. Langkah pertama adalah membuat nama akun. (Dapat menggunakan nama pribadi Anda atau nama lain sesuai denga kehendak Anda)

Cara menautkan blog ke Google Analitik membuat akun

Anda dapat membaca terlebih dahulu penjelasan singkat dan fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan dari google Analitik. Anda dapat mencentang semua atau beberapa fasilitas yang Anda inginkan. Kalau sudah silahkan scroll ke bawah dan klik BERIKUTNYA.

Cara menautkan blog ke Google Analitik berikutnya

3# Membuat Propeti Analitik

Selanjutnya adalah membuat property analitik anda. Silahkan Anda pilih jenis property yang akan Anda ukur. Karena Anda bermaksud untuk mengukur performa dari blog Anda, Silahkan Anda pilih jenis web lalu klik BERIKUTNYA.

READ  Merk Tripod yang bagus untuk kegiatan vlogging
Cara menautkan blog ke Google Analitik membuat properti

4# Mempersiapkan property akun

Masukkan nama blog Anda, Alamat URL blog , Jenis blog ( Anda dapat memilih sendiri jenis blog yang Anda buat) dan lokasi Negara dan zona waktu. Selanjutnya Anda klik BUAT.

Cara menautkan blog ke Google Analitik menyiapkan properti

5# Menyetujui perjanjian Persyaratan Layanan google analitik

Setelah Anda selesai membuat akun, Anda akan diminta untuk menyetujui persyaratan dari layanan google analitik. Silahkan And abaca baik-baik, lalu centang persetujuannya. Setelah itu Anda klik SAYA SETUJU.

Cara menautkan blog ke Google Analitik saya setuju

6# Menautkan Akun Analitik Anda ke Blog

Sekarang properti blog Anda sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah menautkan google Analitik Anda pada blog. Caranya adalah dengan mengkopi ID pelacakan Anda. Silahkan lihat gambar dibawah. Sebagai catatan , silahkan Anda juga perhatikan kotak merah berisi URL Default (Kita akan membasnya nanti)

Cara menautkan blog ke Google Analitik url default

Selanjutnya adalah Anda buka panel Admin blog Anda, lalu pilih PENGATURAN. Disana anda akan menemukan ID Properti Google Analitik.

Cara menautkan blog ke Google Analitik blog

Klik pada ID PROPERTI GOOGLE ANALITIK lalu pasteka  kode yang tadi anda copy. Setelah itu klik SIMPAN

Cara menautkan blog ke Google Analitik simpan

Selamat Anda sudah berhasil menautkan ID Properti Google Analitik Pada blog. Anda dapat mengatur analisis yang anda buat atau Anda inginkan pada google Analitik. Selain itu Anda juga dapat menautkan Google Analitik pada Google Search Console yang dimiliki.

search console

Cara menautkan Google Analitik pada Search Console

Anda klik Sesuaikan search console (lihat gambar diatas). Lalu klik TAMBAHKAN

tambahkan

Jika Anda sudah membaca Tutorial sebelumnya tentang cara menautkan Google Search Console Pada Blog. Maka Anda tidak menemukan akun search console pada google Analitik (lihat gambar dibawah). Pertanyaannya kenapa? Bukankah Anda sudah membuat Akun Google Search Console sebelumnya.

tambahkan

Ya, Anda tidak salah. Jawabannya adalah Pada tutorial sebelumnya. Kita baru membuat property domain dengan DNS saja. Sederhananya Anda baru membuat property blog dengan nama domain saja. Misalnya blogteguhinfo.blogspot.com.  

Ada beberapa property yang sebenarnya dapat kita masukan pada google search console.contohnya

www.blogteguhinfo.blogspot.com
https://blogteguhinfo.blogspot.com
https://www.blogteguhinfo.blogspot.com
http://blogteguhinfo.blogspot.com
http://www.blogteguhinfo.blogspot.com

apakah Anda sudah melihat perbedaan dari jenis property tersebut?

Kita perlu menambahkan property Google Search Console sesuai dengan URL Default Properti Google Analitik yang kita buat. Untuk lebih jelasnya lihat gambar setting URL Default property google Analitik diatas

READ  Cara membuat blog untuk mendapat penghasilan sampingan
Cara menautkan blog ke Google Analitik gsc tambah properti

Nah, agar dapat tertaut Anda sekarang akan membuat property baru pada Google Search Console Anda. Klik tanda drop down pada property domain Google Search Console (lihat gambar)

tambah properti

Klik TAMBAHKAN PROPERTI. Selanjutnya adalah menambahkan property GSC sesuai dengan URL Default pada Google Analitik. Jika Anda membaca tutorial sebelumnya, Anda sudah memilih Jenis Properti Domain.  Sekarang, karena URL Default pada Google Analitik Anda berawalan https:// , maka Anda juga akan membuatnya juga pada GSC. Dengan memasukkan property pada kotak sebelah kanan atau pilihan AWALAN URL. Masukkan URL blog Anda secara lengkap contohnya:

https://namabloganda.blogspot.com

keterangan : ganti tulisan berwarna merah dengan alamat blog Anda.

Setelah itu klik TERUS. Secara otomatis GSC akan memverifikasi kepemilikam property tersebut.

GSC awalan URL

Setelah property baru berhasil ditambahkan, silahkan kembali ke tab Google Analitik. Sekarang property yang sudah Anda tambahkan tadi akan muncul pada pilihan. Pilih property tersebut lalu klik SIMPAN.

simpan

Setelah itu kembali ke halaman pengaturan property , jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik SIMPAN

simpan 2

Sekarang klik BERANDA. Selamat Anda sudah berhasil menautkan Google Analitik, Google Search Console dan Blog Anda. Pada gambar dibawah adalah contoh tampilan dari Google Analitik yang menampillkan data secara Real Time.

beranda

Penutup

Demikianlah Cara menautkan Blog ke Google Analitik yang dapat teguh sampaikan. Semoga bermanfaat. Dengan sesesainya tutorial ini secara dasar Blog Anda sudah siap untuk mendapatkan data yang bisa gunakan untuk mendaftarkannya ke Google AdSense. Tentunya masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sekaran tugas Anda adalah rutin memposting atau membuat konten yang Anda kuasai dan meningkatkan traffic Blog Anda. Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas hal-hal yang dapat Anda kustom agar blog Anda akan semakin menarik dan semakin efektif dalam menaikkan traffic. Semoga Bermanfaat.

Anda bisa mendapatkan Tutorial ini dalam bentuk PDF melalui tautan di bawah ini

DOWNLOAD TUTORIAL

Tinggalkan komentar