Trik menulis artikel SEO Friendly 1000 kata dalam 1 jam

Seperti dikatakan pada beberapa artikel sebelumnya. Dalam mengelola Blog, kita harus rutin dalam membuat konten. Konten yang dimaksud disini adalah artikel. Lantas bagaimana cara membuat artikel? Apakah ada kriteria tertentu dalam membuat artikel yang akan kita publikasikan? Bagaimana memaksimalkan optimasi artikel tersebut pada mesin pencari (SEO)? Baiklah,pada artikel trik menulis artikel SEO Friendly 1000 kata dalam 1 jam ini kita akan membahas hal tersebut.

Namun sebelum membahas lebih jauh, saya akan mengajak anda berfantasi ke masa lalu. Ya, masa lalu, bagi Anda yang saat ini berusia 25-40 tahun mungkin sudah tidak asing lagi dengan karangan. Anda ingat saat sekolah dasar dulu setiap 3 bulan sekali dalam ulangan catur wulan kita mengerjakan soal bahasa Indonesia yang diagi menjadi 4 jenis soal. Soal pilihan ganda, isian, essay dan karangan?. Ya, benar sekali, dulu kita menjumpai soal yang menyuruh kita untuk membuat karangan minimal 1 halaman.

Nah, berangkat dari hal tersebut, tentunya sudah tidak diragukan lagi, betapa mahirnya Anda membuat karangan. Saat ini Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada blog yang Anda kelola. Perbedaanya hanya pada struktur kontennya saja. Anda perlu menyesuaikan Artikel/karanagan yang Anda buat dengan optimasi mesin pencari.

Artikel yang baik untuk blog

Sebenarnya hal ini bisa saya katakan relative. Setiap orang bebas untuk menuliskan atau mengisi konten atau artikel pada blognya. Jadi tidak ada acuan yang tepat untuk menentukan baik atau buruknya artikel yang dibuat. Namun, jika Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan dari blog akan berbeda. Ada hal-ha l yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun artikel agar artikel yang Anda buat bisa bersaing dalam persaingan SERP atau rangking pada hasil pencarian. Hal tesebut akan sangat berguna untuk meningkatkan jumlah visitor.

Namun bagaimana jika artikel yang dibuat adalah cerpen, opini, karya ilmiah, puisi? Saya rasa jenis konten seperti ini memang tidak diperlukan tenik SEO. Karena karya tersebut adalah karya yang mengutamakan gagasan, struktur dan alur tersendiri. Apa gunanya SEO pada artikel Anda jika harus merusak kualitas karya tersebut. Kembali lagi pada tujuan Anda dalam mengelola blog tersebut. Bagaimana jika Anda memprioritaskan kualitas karya, namun menginginkan optimasi vsititor untuk mendapatkan penghasilan? Saya menyarankan agar Anda membuat artikel pengantar dan menempatkan atau membuat unduhan karya utama dalam bentuk PDF yang dapat pengunjung Anda dapatkan. Sehingga kualitas karya Anda akan tetap terjaga di dalam PDF tersebut dan Anda mengoptimalkan SEO pada artikel pengantarnya saja.

READ  Tips sederhana untuk mengatur keuangan Anda

Teknik dalam menulis artikel SEO Friendly

Menggunakan teknik SEO dalam membuat artikel sederhananya adalah membuat mesin pencari merekomendasikan artikel tersebut dalam hasil pencarian. Anda WAJIB menerapkan teknik seo untuk mendapatkan visitor atau pengunjung bagi blog Anda. Semakin baik Anda menerapkan teknik SEO ini, maka akan semakin besar kesempatan artikel yang Anda buat untuk menempati urutan pada halaman pertama pencarian google (Page One). Dan jika artikel yang Anda buat memiliki tempat pada halaman pertama, semakin besar persentase artikel atau blog Anda akan dikunjungi

Lantas apa saja teknik tersebut? Ada banyak sekali teknik yang dapat Anda terapkan. Anda dapat mencari berbagai artikel yang membahas hal ini. Namun, disini saya akan merangkum beberapa poin utama yang perlu Anda perhatikan dalam membuat artikel SEO. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah

1# Memilih Keyword yang tepat

Keyword adalah rangkaian kata yang digunakan oleh pengguna untuk mencari artikel yang terdapat pada mesin pencari. Dengan menggunakan atau menentukan keyword yang tepat pada artikel, akan membuat artikel Anda dilirik oleh google untuk direkomendasikan pada hasil pencarian.

Anda harus menentukan keyword dengan menentukan jumlah pencarian dan persaingan terlebih dahulu. Semakin besar jumlah pencarian biasanya juga sebanding dengan persaingan dengan blog atau website lain. Jadi menentukan keyword yang tepat merupakan kunci utama dalam pembuatan artikel SEO.

Anda dapat menggunakan beragam teknik dalam mencari keyword serta dapat menggunakan bermacam-macam tools gratis seperti google trends, ubbersugest, keyword planner dan tools lainnya di internet.

2# Judul yang memuat Keyword secara utuh

Setelah Anda menentukan keyword, Anda perlu menempatkan keyword tersebut pada judul. Keyword tersebut harus ditempatkan secara utuh pada Judul artikel Anda. Contohnya:

READ  Kamera terbaik untuk youtuber tahun 2020

Keyword Anda : memasak seblak enak

Judul Anda perlu memuat kata memasak seblak enak

Contoh Judul : Cara Memasak Seblak Enak Tanpa Penyedap

Anda benar-benar perlu menempatkan keyword Anda pada judul secara utuh. Maksudnya adalah tanpa merubah urutan kata pada keyword dan  jangan memisahkan kata pada keyword di judul yang Anda buat. Buatlah judul se kreatif mungkin, yang akan mengundang rasa penasaran bagi para pengguna internet.

3# Keyword utuh pada paragraf pertama

Selain menggunakan keyword pada judul, Anda juga perlu menempatkan keyword Anda secara utuh di paragraph pertama. Hal ini dimaksudkan agar pembaca Anda mengetahui gambaran pembahasan utama dari artikel yang Anda buat. Ada pendapat lain yang mengatakan bahwa Keyword Anda harus muncul pada 30 kata pertama. Namun menurut saya paragraph pertama sama dengan kesan pertama Pengunjung Anda. Sangat penting untuk memberikan gambaran pembahasan artikel yang Anda buat.

4# URL yang digunakan

Berikutnya, Anda perlu menempatkan keyword yang sebelumnya ditentukan pada URL yang Anda gunakan. Umumnya URL akan secara otomatis megikuti judul yang Anda buat. Namun, ada beberpa pendapat yang mengatakan bahwa semakin pendek URL artikel maka akan semakin bagus. Anda cukup fokuskan URL Anda pada keyword yang anda tentukan.

Contoh URL default = https://blog.com/cara-memasak-seblak-enak-tanpa-penyedap

URL ini dapat Anda ubah menjadi = https://blog.com/memasak-seblak-enak

5# Jumlah kata

Semakin pendek semakin jelek, semakin panjang semakin bagus. Hal tersebut banyak di bahas pada tutorial SEO on page. Saya sepakat dengan hal tersebut. Logikanya adalah artikel dengan jumlah kata yang panjang artinya semakin banyak dan semakin dalam pembahasanya. Apalagi jika Anda membuat sebuah tutorial, tentunya akan membutuhkan kalimat yang lebih banyak untuk menjelaskannya secara mendalam.

Ukuran jumlah kata yang diminta google adalah artikel dengan jumlah kata minimal 300-500 kata. Namun akan lebih baik jika Anda membuat artikel dengan jumlah kata lebih banyak misalnya 800-1000 bahkan 3000 atau 5000 kata dalam 1 artikel. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Jika Anda memang menguasai suatu bahasan, akan mudah membuat artijkel dengan jumlah kata yang banyak.

6# Sebaran Keyword

Selain pada judul, URL, dan paragraph pertama Anda juga perlu menempatkan keyword Anda pada artikel. Komposisi penempatan keyword juga perlu diperhatikan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Optimalnya jumlah Keyword yang perlu Anda tempatkan adalah 2,5% dari jumlah kata pada artikel. Biasanya Anda perlu menempatkan keyword pada Subheading, beberapa paragraph, teks alternative gambar dan deskripsi penelusuran.

READ  Cara Membuat Halaman Statis dan Menempatkan pada Blogspot

7# Penggunaan heading dan Subheading

Heading dan Subheading adalah batasan poin pembahasan. Bahasa sederhananya adalah kerangka artikel dalam menulis artikel SEO Friendly. Heading dan Subheading adalah poin dari suatu pembahasan dalam artikel.

8# Link internal dan eksternal

Link internal dan ekternal biasanya digunakan untuk menuju halaman lain diluar artikel dalam suatu pembahasan. Link internal adalah link yang ditempatkan untuk mengantarkan pengunjung pada suatu pembahasan yang lebih rinci dalam satu blog. Sedangkan link eksternal digunakan untuk mengantarkan atau menjelaskan sesuatu yang lebih rinci namun berada di luar blog Anda. Anda juga dapat menggunakan link eksternal untuk menunjukan blog atau website lain pada pengunjung. Contohnya Anda sedang menjelaskan cara membuat seblak yang enak. Anda dapat membuat link eksternal pada kata seblak menuju ke halaman Wikipedia atau halaman lain yang menjelaskan pengertian seblak secara lebih rinci.

9# Gambar

Gambar hanyalah pemanis? Bisa dikatakan seperti itu, namun gambar juga dapat berfungsi untuk memperjelas bahasan artikel Anda. Apakah gambar perlu dioptimasi juga? Ya , tentu saja gambar harus dioptimasi. Optimalnya gambar yang akan Anda tampilkan maksimal berukuran 100kb. Anda juga wajib menempatkan teks alternative gambar.

10# Deskripsi Penelusuran

Hal terakhir yang perlu diperhatikan  adalah deskripsi penelusuran. Buatlah deskirpsi penelusuran yang menarik dan berisi ringkasan artikel yang Anda buat. Deskripsi ini yang nantinya akan ditampilkan pada halaman pencarian. Jangan lupa untuk menempatkan keyword pada deskripsi penelusuran.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa Trik menulis artikel SEO Friendly yang dapat saya berikan. Menulis artikel tidak ada bedanya dengan bercerita. Agar lebih mudah dalam membuat artikel, banyangkan saja bahwa laptop atau computer Anda adalah teman baik Anda yang sedang Anda ajak mengobrol dan obrolan atau cerita tersebut Anda tuangkan dalam bentuk tulisan. Sehingga Anda akan mudah menuangkan ide, gagasan dan pokok bahasan pada artikel yang Anda buat. Selamat Menulis

Tinggalkan komentar