Bagaimana Cara Blog Menghasilkan Uang ?

teguh.info – Setelah membahas seluk beluk Blogspot pada artikel-artikel sebelumnya. Dari membuat blog, mengatur tampilan sampai dengan membuat artikel, apakah muncul pertanyaan dalam pikiran Anda? Bagaimana cara blog menghasilkan uang? Dari mana uang tersebut berasal? Bagaimana sistem kerjanya?

Mungkin sampai saat ini pun Anda masih ragu dengan hal tersebut. Apakah masuk akal jika kita hanya menulis Artikel saja bisa menghasilkan uang? Nah, kali ini kita akan membahas cara kerja blog untuk menghasilkan uang yang berasal dari internet. Kita akan membahasnya satu persatu. Selain itu kita juga akan membahas sumber uang yang bisa kita dapatkan serta cara kerjanya. Sehingga anda tidak perlu lagi ragu dalam mengelola blog yang Anda buat. Tentunya jika Anda memang berniat untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

Cara menghasilkan uang dari blog

Untuk menghasilkan uang dari blog, hal utama yang Anda perlukan adalah traffic blog Anda. Traffic ini akan berpengaruh besar pada uang yang akan Anda hasilkan nantinya. Selanjutnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Saya akan membahasnya dari hal yang paling sederhana.

1# Menjual Produk atau Jasa

Hal yang paling sederhana dalam menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjua produk atau menawarkan jasa yang Anda punya. Konsepnya sama dengan Anda menjual produk pada platform online seperti shoppe , tokopedia atau berjualan online dengan cara lainnya. Lantas apa bedanya dengan menjual produk dari blog?

Anda perlu memahami bahwa platform toko online yang ada juga merupakan website. Cara kerja website ini adalah dengan mengumpulkan orang –orang yang memiliki produk untuk dijual melalui website yang mereka kelola. Sehingga dengan membuat blog artinya Anda dapat menawarkan produk Anda secara langsung kepada pelanggan. Selain produk Anda juga dapat menjual jasa yang Anda kuasai seperti desain grafis, advertising, editing video, dan kemampuan lainnya yang dapat Anda tawarkan.

READ  Trik menulis artikel SEO Friendly 1000 kata dalam 1 jam

2# Content Placement

Apa itu content placement? Sebelum membahas hal ini, kita akan membahas mengenai content placement. Ada beberapa hal yang akan saya bahas terlebih dahulu agar Anda dapat memahami cara kerja dari content placement.

Setiap perusahaan tentunya menginginkan peringkat pada hasil pencarian, dan untuk mendapatkan peringkat dengan mudah pada hasil pencarian salah satu caranya adalah dengan mendapatkan backlink (saya akan membahasnya lebih mendalam mengenai backlink pada artikel lain). Dengan backlink ini akan meningkatkan reputasi dari website perusahaan tersebut.

Agar mendapatkan backlink yang berkualitas, biasanya perusahaan akan mempublikasikan merk dagang atau website mereka pada public melalui website atau platform lainya diluar website yang mereka miliki. Nah, disinilah peran conten placement bagi perusahaan.

Secara tata bahasa, content placement bisa diartikan sebagai penempatan konten. Lantas apa yang ditempatkan dan bagaimana cara kerjanya? Seperti yang disebutkan diatas, untuk memperoleh backlink dan reputasi yang berkualitas, perusahaan biasanya akan mencari blog atau website memiliki tema atau bahasan yang sesuai dengan produk, merk dagang atau layanan yang mereka tawarkan. Selanjutnya mereka akan membayar pemilik blog atau website untuk membuat sebuah artikel untuk menjelaskan produk, merk dagang atau layanan tersebut dan menempatkan link Anchor pada artikel tersebut yang menuju ke website atau halaman perusahaan. Terkadang ada juga perusahaan yang sudah menyiapkan artikel untuk dipublikasikan oleh pemilik blog atau website.

Biasanya ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh pemilik blog agar memperoleh content placement. Ada perusahaan yang mencari blog dengan traffic yang tinggi atau blog yang memiliki Domain Authority dan Page Authority yang tinggi. Dimana anda memperoleh penawaran content placement? Terkadang anda hanya perlu melihat kotak masuk pada email Anda. Namun And juga dapat menawarkan blog Anda pada perusahaan melalui beberapa web penyedia jasa content placement seperti rajabacklink, sosiago atau vira.

READ  Mic Eksternal untuk Youtuber dan rekomendasi merk

Setelah Anda mendapatkan penawaran tersebut, Anda  hanya perlu membuat artikel sesudai dengan kriteria dari perusahaan, menempatkan Link Anchor yang ditentukan dan mempublikasikannya pada blog Anda. Setelah itu, Anda kirimkan link artikel tersebut pada perusahaan dan menunggu pembayaran di transfer ke rekening Anda.

3# Program Afiliasi

Program affiliasi adalah cara mendapatkan uang dengan membuat pengunjung blog menggunakan suatu produk atau layanan dari suatu perusahaan atau website. Anda dapat mendaftarkan blog Anda pada program afiliasi yang banyak tersedia di internet. Setelah Anda mendaftarkan blog, Anda akan mendapatkan kode referral. Kode referral inilah yang nantinya akan anda promosikan pada blog Anda.

Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk afiliasi yang Anda daftarkan. Diantaranya adalah dengan membuat artikel review produk pada blog dan menempatkan kode referral Anda pada artikel tersebut, sehingga ketika pengunjung Anda menggunakan produk tersebut  melalui kode referral, Anda akan mendapatkan komisi pembelian dari perusahaan.

Selain membuat review, Anda juga dapat menempatkan kode referral dengan menempatkannya pada banner di blog Anda. Biasanya perusahaan menyediakan kode HTML banner bersisi kode referral Anda untuk ditempatkan di blog Anda. Yang perlu dilakukan adalah menyalin kode tersebut dan menempatkannya di tempat-tempat yang strategis pada blog.

Komisi yang Anda dapatkan tergantung pada program yang Anda ikuti. Sebagai contoh, Anda dapat mengikuti program Afiliasi dari Amazon yang menawarkan komisi hingga 10% dari produk yang dijual.

4# Mengikuti Lomba

Anda juga bisa mendapatkan uang dari lomba-lomba yang ada di internet. Ada berbagai macam lomba yang dapat Anda ikuti, seperti lomba artikel, lomba blog ataupun lomba review produk. Terkadang lomba tersebut juga menawarkan produk berupa barang seperti ponsel atau laptop. Selain hadiah yang bisa Anda dapatkan, jika memenangkan lomba blog akan meningkatkan reputasi dari blog Anda.

READ  Menambah 4000 jam tayang dengan cepat dan mudah

5# Advertising

Mendapatkan uang dari internet bisa juga didapatkan dengan menempatkan iklan dari layanan Advertising. Saat ini program advertising yan paling popular adalah Google Adsense. Bagaimanakah cara kerjanya?

Google Adsense adalah program dari goggle yang menyediakan layanan advertising. Sebuah perusahaan akan membayar google untuk mengenalkan produk mereka pada pengguna internet. Produk ini akan dikenalkan google melalui publisher yang mengikuti program Adsense. Selanjutnya, publisher akan menampilkan iklan pada blog atau website yang mereka miliki. Iklan yang ditampilkan tersebut nantinya adalah sumber pendapatan yang akan diperoleh oleh publisher. Adsense akan mencocokan iklan dengan blog yang Anda miliki.

Anda dapat mendaftarkan blog Anda untuk menjadi publisher google Adsense. Namun, untuk dapat diterima pada program ini blog Anda harus memenuhi ktiteria yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Setelah Anda mendaftar program Adsense, blog Anda akan melalui proses peninjauan yang dilakukan oleh google. Peninjauan ini akan menentukan apakah blog Anda layak untuk menampilkan ikan atau belum. Jika blog Anda dianggap layak, Anda dapat dengan segera mengatur penempatan iklan pada blog dan mendapatkan penghasilan. Dan jika dianggap belum layak, google akan memberi tahu Anda bagian-bagian yang harus Anda perbaiki sebelum mengajukan kembali.

Walaupun google Adsense adalah penyedia Advertising terbaik sampai saat ini, Anda juga dapat mendaftarkan blog Anda pada pada penyedia jasa Advertising lainnya. Selain google Adsense, ada beberpa Advertising yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah propeller Ads, media.net; MGID atau Revenue Hits yang dapat Anda gunakan.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Blog Menghasilkan Uang. Perlu diingat sebelumnya, penghasilan blog Anda sangat dipengaruhi dari traffic blog Anda. Dan traffic Anda sangat dipengaruhi oleh kualitas konten dari blog serta optimasi SEO yang Anda lakukan baik Onpage maupun Offpage. Hal tersebut adalah satu kesatuan yang harus dilakukan dalam mengelola blog Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar