Pengertian Hosting dan fungsinya pada blog

Teguh.info – setelah kita membahas tentang pengertian domain dan fungsinya pada blog. Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Hosting dan fungsinya yang tentunya akan banyak Anda temui pada saat Anda mengelola atau bermaksud membuat website secara professional.

Jika domain kita ibaratkan sebagai alamat. Dan Website adalah rumah, Maka hosting adalah Lahan atau kapling yang kita sewa untuk membuat rumah. Hosting adalah tempat dimana Anda menyimpan segala sesuatu yang Anda gunakan pada Rumah Anda.

Pengertian dan Fungsi Hosting

Hosting adalah tempat dimana Anda menyimpan segala macam data yang digunakan dalam membangun sebuah website. Anda tentunya mengetahui ada berbagai macam elemen yang ditampilkan pada halaman sebuah website bukan? Ada gambar, tulisan, video, iklan, dan sebagainya. Data-data tersebut disimpan dalam sebuah server yang akan menampilkan data yang ada pada website Anda ketika pengguna menuju ke halaman web Anda.

Data yang tersimpan tersebut akan ditampilkan langsung secara online oleh server. Jika Anda tidak memiliki hosting tentunya data pada website Anda tidak akan bisa ditampilkan atau diakses bukan? Intinya fungsi hosting adalah memandu pengunjung menuju ke website yang Anda kelola. Ketika pengguna internet mengetik alamat domain Anda, maka secara otomatis pengunjung akan dipandu menuju pada data yang ada pada hosting website Anda.

Jenis jenis Hosting

Ada berbagai macam jenis hosting yang dapat Anda gunakan untuk membangun website Anda. Diantaranya adalah

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang umum dipakai untuk mengelola sebuah website. Prinsipnya adalah pada satu server dipecah atau digunakan oleh beberapa pengelola website. Harganya relative murah untuk digunakan karena satu server tersebut disewa dan dibayarkan oleh beberapa pengelola website.

READ  Memang terkadang pekerjaan terlihat mudah

Jika Anda baru mencoba untuk mengelola website, Anda dapat mencoba dengan menyewa shared hosting ini. Shared hosting cocok digunakan untuk blog pribadi, sampai dengan pengusaha skala kecil yang bermaksud untuk memperkenalkan produknya lebih luas di jaringan internet.

VPS (Virtual Private Server)

VPS hampir sama dengan Shared Hosting, namun penggunaannya lebih bersifat pribadi, Anda dapat mengatur konfigurasi server sendiri dan mengelola pembagian sumber daya yang ada pada hosting.

Anda dapat mengelola RAM, CPU, atau Bandwith tanpa terpengaruh oleh website lainnya. Namun, Anda perlu mengetahui lebih jauh dalam mengkofigurasi VPS ini. VPS biasanya digunakan website dengan traffic yang cukup besar yang tidak bisa ditangani oleh shared hosting. Karena jika traffic diluar batas, akibatnya adalah website yang Anda kelola tidak bisa diakses oleh para pengguna internet. VPS menjadi pilihan karena harganya cenderung lebih terjangkau daripada menyewa Dedicated Hosting, karena Anda harus memanage sendiri server virtualnya.

Dedicated Hosting

Layanan Dedicated hosting adalah layanan hosting dimana server dipakai oleh 1 pengguna saja. Hosting ini tidak dibagi dengan pengguna atau pengelola website lainnya. Tingkat keamanan dan privasinya juga tinggi. Anda tidak direpotkan lagi pada urusan teknis dalam mengkonfigurasi server. Sehingga Anda dapat menggunakan layanan ini dengan aman dan nyaman sesuai kebutuhan Anda.

Anda harus membayar lebih mahal dari menyewa shared hosting atau VPS. Hal ini dikarenakan satu server yang disewa Anda memang dikhusukan bagi Anda sendiri dalam mengelola website.

Cloud Hosting

Saat ini cloud hosting menjadi favorit bagi para pengelola website. Kenapa? Prinsip kerja dari cloud hosting adalah menyimpan data website Anda pada beberapa server. Sehingga, website yang Anda akan jarang terkendala masalah down server. Karena, jika salah satu server yang digunakan mati, masih ada server lain yang dapat digunakan oleh website Anda. Sehingga pengguna tetap dapat mengakses website yang Anda kelola.

READ  5 Rekomendasi Laptop Untuk Blogger Terjangkau 2020

Layanan ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sudah serius dalam menjalankan website. Performa Cloud Hosting sama dengan ketika Anda menggunakan VPS. Tingkat keamanannya juga tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Hosting dan fungsinya pada blog. Anda dapat memilih jenis hosting yang akan Anda gunakan dalam mengelola website Anda. Bagaimana jika Anda masih bingung dalam memilih hosting yang akan digunakan? Saran terbaik adalah dengan menggunakan shared hosting. Pada perkembangannya Anda dapat memahami pengelolaan hosting itu sendiri. Selain itu, provider hosting biasanya juga menyediakan pelayanan dalam pengelolaannya. Jadi tunggu apa lagi?

Tinggalkan komentar