5 peralatan wajib Blogger yang harus Anda miliki

teguh.info– Perangkat ibarat senjata dalam dunia internet. Agar Anda dapat mengikuti perkembangan teknologi, tentunya harus diimbangi dengan perangkat yang Anda miliki. Contohnya adalah beberapa perangkat yang wajib dimiliki oleh youtuber. Nah, bagi Anda yang memilih jalur menulis blog untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Tentunya Anda harus memiliki perangkat yang mendukung pekerjaan sambilan Anda. Pada artikel kali ini kita akan membahas 5 peralatan wajib Blogger.

Peralatan Wajib Blogger

Berbeda dengan seorang youtuber atau vlogger, kebutuhan akan peralatan pendukung dalam mengerjakan atau mengelola sebuah website cenderung lebih sedikit. Karena dalam mengelola blog Anda akan focus dalam penulisan konten atau content writer. Bahkan bisa dibilang jika Anda hanya memiliki Laptop dan Smartphone saja sudah lebih dari cukup untuk mengelola sebuah blog. Namun berikut iniadalah beberapa peralatan yang wajib dimiliki jika Anda berniat mengelola blog Anda secara professional. 5 peralatan wajib Blogger tersebut antara lain adalah

1# Laptop

Laptop atau Notebook adalah peralatan yang wajib dimiliki oleh blogger. Namun, Anda tidak perlu mencari spek yang tinggi untuk mengelola sebuah blog. Tidak salah juga jika Anda memiliki laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Laptop kelas menengah saja sebenarnya sudah cukup. Laptop yang akan Anda gunakan setidaknya cukup untuk kebutuhan office dan browsing serta pengelolaan grafis ringan.

Yang cukup penting dalam hal ini adalah kapasitas RAM dan Hardisk. Mengapa kapasitas RAM dan Hardisk penting dalam memilih Laptop untuk kegiatan blogging? Dalam membuat artikel tentunya Anda harus mencari banyak referensi di internet. Artinya diperlukan kelancaran dalam membuka browser laptop seperti Google Chrome atau Mozzila Firefox.

READ  6 Aplikasi Editor Video YouTube Terbaik Untuk Android 2020

Selain kapasitas RAM, yang perlu diperhatikan adalah kapasitas Hardisk, Jika memungkinkan carilah laptop yang sudah memiliki SSD sebagai media penyimpanan. Performa SSD lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Bagaimana jika laptop sudah terlanjur menggunakan HDD? Seperti disebutkan diatas, penggunaan utamanya adalah kebutuhan office dan browsing saja. Jadi kesimpulannya laptop yang bisa digunakan untuk office dan browsing saja sudah cukup untuk mengelola blog.

 2# Smartphone

Fitur yang ada pada smartphone saat ini sangat cukup untuk mendukung kegiatan Anda dalam mengelola blog.  Anda dapat mengelola blog Anda secara mobile dan banyak sekali aplikasi pendukung blogging yang dapat Anda Install pada smartphone. Selain itu, Anda dapat mendapatkan fasilitas All in One dalam Smartphone Anda. Apa maksud dari All in One?

Komunikasi

Komunikasi adalah salah satu bagian penting dalam dunia blog professional. Anda dapat menghubugi penulis Anda, Admin atau berbalas email dengan pelanggan cukup melalui smartphone Anda. Anda juga dapat merencanakan bisnis dengan klien Blog Anda melalui smartphone.

Portable Hotspot

Saya rasa saat ini, sudah menjadi kebiasaan jika Anda menyalakan portable hotspot untuk menautkan atau mengonlinekan laptop Anda bukan? Anda sudah tidak memerlukan Modem untuk menghubungkan laptop ke internet. Justru yang paling Anda perlukan adalah charger dan power bank.

Kamera

Gambar pada artikel bisa Anda gunakan sebagai penunjang dan menarik minat pembaca. Selain itu gambar juga dapat berguna bagi pembaca untuk memahami dengan baik artikel yang Anda buat. Cara paling mudah untuk mendapatkan gambar adalah dengan mengambil gambar di situs penyedia gambar gratis contohnya pixabay. Namun, yang perlu diingat adalah bukan hanya Anda saja yang menggunakan gambar gratis tersebut.

READ  Mau Investasi Emas Di Pegadaian ? Begini Caranya

Untuk mendapatkan gambar yang unik salah satunya adalah menggunakan kamera Anda sendiri dan mengambil gambar secara langsung. Sudah bisa ditebak, smartphone Anda memiliki fasilitas tersebut bukan? Apalagi ditengah persaingan produsen smartphnone yang berlomba-lomba menyediakan fasilitas atau fitur kamera yang mumpuni.

Browsing

Anda dapat berselancar di Internet untuk mencari bahan untuk artikel atau tulisan Anda. Namun apakah Anda harus membuka laptop setiap Anda mencari bahan dan informasi?  Tentu saja tidak, Anda sekarang cukup membuka browser yang ada pada smartphone Anda bukan?

Penyimpanan

Memang smartphone cenderung memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Lantas bagaimana bisa smartphone digunakan menyimpan data? Saya sendiri menggunakan fasilitas cloud storage seperti google drive. Saya biasanya menyimpan artikel atau bahan hasil browsing pada smartphone di penyimpanan awan. Sehingga, saya bisa membukanya tanpa membebani ruang penyimpanan Smartphone saya dan tentunya dapat dibuka ketika saya menggunakan Laptop.

Dukungan Sosial Media

Setelah Anda mempublikasikan artikel pada website atau blog, Anda dapat mempromosikannya pada platform sosial media yang Anda miliki seperti facebook, whatsapp, instagram atau twitter. Dan smartphone mendukung hal ini dengan baik.

Peralatan Pendukung

Pada era saat ini saya rasa Laptop dan Smartphone saja sudah sangat cukup dalam mengelola blog secara professional. Yang diperlukan adalah kreativitas dalam menulis konten dan menarik pembaca. Namun, bukan berarti Anda tidak memerlukan peraatan lainnya. Peralatan berikut ini bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki. Peralatan ini dapat membantu dan mendukung Anda dalam mengelola blog yang Anda miliki.

3# Modem

Sebelum smartphone berada pada masa kejayaan. Salah satu jalan untuk menyambungkan laptop ke Internet adalah dengan menggunakan Modem. Sekarang dengan fasilitas Hotspot Portabel yang ada pada smartphone Anda dapat dengan mudah menyambungkan laptop ke internet. Namun bukan berarti Anda tidak memerlukan Modem sama sekali. Karena, penggunaan Smartphone biasanya juga terbatas pada kekuatan baterai dan terutama jaringan internet yang digunakan. Sederhananya sinyal provider yang Anda gunakan tidak menjamin kelancaran jika berada di daerah lainnya.

READ  Cara Membuat Halaman Statis dan Menempatkan pada Blogspot

Saran adalah memiliki modem hotspot yang dapat digunakan pada semua provider jaringan. Sehingga jika Anda berada pada tempat yang memerlukan jaringan tertentu, Anda akan tetap lacar berselancar di dunia maya.

4# HardDisk Eksternal

Dengan hardisk eksternal Anda dapat membuat backup website yang Anda kelola. Baik tema, aplikasi, plugin ataupun data penting lainnya. Perangkat ini pun dapat membantu Anda meringankan beban laptop atau smartphone Anda.

5# Mouse

Untuk mouse sebenarnya bisa dikatakan wajib bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan touch pad pada laptop. Mouse akan memudahkan Anda dalam menggunakan aplikasi yang ada pada laptop.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 peralatan wajib Blogger yang harus Anda miliki jika Anda serius menggeluti dunia blogger. Ada banyak peralatan lain yang Anda dapat gunakan untuk mendukung kegiatan blogging Anda. Utamanya adalah Laptop dan smartphone adalah senjata waji dan utama dalam mengelola website. Yang utama diperlukan adalah kreativitas konten yang Anda buat, Penggunaan dan optimasi SEO baik onpage maupun offpage serta konsistensi dalam mengelola blog.  Semoga bermafaat.

Tinggalkan komentar