5 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi

Teguh.info – Survive dalam kondisi pandemic bisa dilakukan dengan cara mencoba bisnis online. Banyak sekali jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan bahkan tanpa modal seperti model dropship. Bagi Anda yang ingin  mencoba bisnis online, 5 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi yang akan dibahas kali ini mungkin bisa menjadi acuan Anda.

Model Bisnis online saat ini memang menjadi tren penghasilan tambahan yang cukup booming. Hal ini bisa dilihat dari postingan di berbagai media sosial yang menawarkan berbagai produk. Dari fashion, makanan, otomotif dan bahkan layanan jasa. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengelola bisnis online dari produk sampai dengan model pemasarannya. Apalagi pada masa pandemi yang menggoncang perekonomian dunia. Banyak yang mencoba peruntungan dalam bisnis online agar mereka tetap dapat survive dalam kondisi ini. Dan berikut ini adalah cara yang bisa Anda pertimbangkan dalam mengelola atau menjalankan bisnis online selama masa pandemi

1# Mempelajari bisnis online

Sebelum benar-benar terjun dalam bisnis online ada baiknya Anda mempelajari sistem bisnis online. Mulai dari produk, model pembayaran, model pengiriman dan strategi pemasaran. Dengan mempelajari sistemnya dengan baik, Anda akan semakin mudah dalam mengelola bisnis online yang dijalankan.

Luangkan waktu untuk mencari atau membuat produk yang akan Anda jual pada bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan waktu pengiriman dan biaya pengiriman produk Anda. Dan yang terpenting adalah cara pembayaran dari pembelian produk. Proses pembayaran yang mudah biasanya akan  lebih diminati oleh para pelanggan Anda. Untuk hal itu anda dapat mencoba sistem pembayaran dengan menggunakan dompet digital.

READ  Memang terkadang pekerjaan terlihat mudah

2# Menjual barang yang sedang hits

Produk adalah hal yang paling penting dalam bisnis online. Anda dapat menawarkan produk yang Anda buat sendiri atau produk yang Anda ambil dari produsen atau supplier kepada calon pembeli. Lalu produk apa yang sebaiknya ditawarkan? Produk apapun bisa Anda tawarkan, yang penting adalah Anda mendapatkan profit dari penjualan produk tersebut.

Namun dalam artikel ini, teguh .info lebih merekomendasikan barang-barang yang memang sedang hits dalam masa tersebut. Sebagai contoh adalah pada masa pandemic ini, banyak orang yang akan mencari produk yang berguna untuk mereka. Contohnya adalah masker, konektor masker atau suplemen kesehatan seperti madu. Barang barang tersebut akan sangat dicari oleh pembeli. Contoh lainnya adalah ketika momen lebaran maka Anda dapat menjual berbagai macam kue kering, pakaian atau parsel. Barang yang sedang hits pada suatu waktu akan sangat mudah untuk Anda jual.

3# Memanfaatkan sosial media

Saat ini media sosial tidak hanya terbatas pada interaksi sosial yang digunakan. Media sosial juga semakin berkembang menjadi pasar ekonomi yang dapat ditemukan  dengan mudah dan memiliki jumlah pengguna yang luar biasa dengan berbagai kategori yang ada.

Untuk dapat memaksimalkan bisnis online, Anda juga perlu memanfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk menawarkan produk atau layanan yang Anda miliki. Tenang saja kebanyakan media sosial gratis untuk digunakan. Namun jika Anda memang tertarik, Anda juga dapat menggunakan fasilitas periklanan yang Anda seperti Facebook Ads, Instagram bussines atau google Ads untuk memperluas jaringan bisnis Anda.

4# Mencari  informasi terbaru

Banyak sekali informasi yang tersedia di Internet untuk Anda manfaatkan. Dari mencari produsen atau supplier yang menyediakan produk dengan harga murah sehingga Anda dapat menjual kembali untuk mendapatkan profit. Mempelajari skil marketing untuk meningkatkan profil bisnis yang Anda bangun.

Selain itu Anda juga dapat mempelajari skil-skil baru yang bisa dipelajari secara otodidak maupun dengan mengikuti berbagai kelas online yang ada. Anda juga bisa mencari informas lainnya sehingga Anda dapat membuat merk dagang atau produk Anda sendiri.

READ  Sukses Jadi Reseller ? Simak 6 Tipsnya

Nah, demikianlah 4 cara menjalankan bisnis online selama masa pandemi yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Aktif dan kreatif adalah kunci keberhasilan Anda dalam berkecimpung dalam dunia bisnis online. Dalam masa pandemi seperti saat ini memang sangat diperlukan usaha yang lebih agar kita bisa tetap survive terutama dalam hal finansial. Dan memungkinkan juga bisnis online yang Anda rintis sejak masa pandemi akan berkembang dan menjadi penghasilan tambahan yang bisa Anda dapatkan. Bahkan berkembang menjadi lebih besar lagi. Mulailah aktif mencari informasi dan jalankan bisnis online yang sesuai dengan minat Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar