Cara Cek BLT Guru Honorer 1,8 Juta di infogtk

Teguh.info – Kali ini berita baik datang dari dunia pendidikan. Kemdikbud merilis informasi bahwa guru honorer dapat BTL 1,8 juta. Anda dapat mengecek bantuan tersebut di di pddikti.kemdikbud.go.id dan info.gtk.kemdikbud.go.id. Ada dua cara cek BLT guru honorer tersebut. Untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar penerima Bantuan langsung tunai (BLT), Anda dapat mengunjungi halaman PD Dikti atau infogtk. Menurut informasinya bantuan ini akan cair untuk sekitar 3 juta guru honorer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada Selasa, 17 November 2020 kemarin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi meluncurkan program bantuan subsidi upah (BSU) guru honorer baik untuk PTK non PNS di Kemendikbud maupun di Kemenag. Bantuan Subsidi Upah (BSU)  ini direalisasikan untuk bulan November-Desember senilai Rp1,8 juta.

Realisasi Pencairan Bantuan Subsidi Upah

“Untuk realisasi pencairan sudah mulai bisa dilakukan sekarang (Selasa 17 November 2020) untuk bulan November dan Desember, guru PTK non PNS ini bisa mengaktifkan rekening sampai 30 Juni 2021,” Kata Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada peluncuran resmi Bantuan Subsidi Upah bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non-PNS di Lingkungan Kemendikbud 2020 melalui kanal YouTube Kemendikbud pada Selasa 17 November 2020.

Cara Cek BLT Guru Honorer

PTK non PNS di Kemdikbud penerima BSU Kemendikbud dapat memeriksa status pencairan mereka melalui Info GTK dan PD Dikti. Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemendikbud akan mulai disalurkan secara bertahap pada bulan November 2020. Anda dapat mencari informasi pencairan yang diterima melalui akun infogtk dan pd dikti yang dimiliki.

Setelah itu, PTK penerima BSU Kemendikbud dapat langsung mengunjungi bank penyalur untuk mengaktivasi rekening dan mencairkan bantuan dengan membawa syarat dokumen yang diminta. BSU guru honorer akan disalurkan melalui Bank yang ditunjuk oleh pemerintah yaitu:

READ  Gunakan 5 Cara ini agar bisnis online ramai konsumen

• Bank Negara Indonesia (BNI);
• Bank Rakyat Indonesia (BRI);
• Bank Mandiri; dan
• Bank Tabungan Negara (BTN).

Syarat dan Kriteria Penerima BLT Guru Honorer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anwar Nadiem Makarim menjelaskan bahwa syarat dan kriteria penerima BTL sangat jelas, diantaranya adalah:

  1. PTK harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) per akhir Juni 2020.
  2. Bantuan Subsidi gaji diberikan pada guru honorer dan PTK non PNS lainnya yang belum mendapatkan subsidi upah dari program pemerintah. Yang dimaksud disini adalah subsidi gaji untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Penerima bantuan ini adalah PTK yang tidak masuk dalam program kartu prakerja dan Banpres UMKM.
  4. PTK yang akan mendapatkan BLT adalah yang gajinya dibawah Rp5 juta ke bawah.
  5. Pengajar juga harus tercatat aktif mengajar pada semester I 2020-2021 pada Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Simpatika) Kemenag.

Cara cek BLT Guru Honorer PTK Non PNS

Anda dapat mengecek apakah Anda termasuk ke dalam PTK yang medapatkan BSU ini dengan cara Login ke infogtk di https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ . Gunakan akun PTK yang sudah diverifikasi. INFO GTK adalah Info validasi data guru yang fungsinya untuk membantu guru menampilkan data dari sekolah.  jika ada kesalahan data, proses perbaikannya melalui aplikasi Dapodik disekolah masing-masing. Anda juga dapat melakukan pengaturan akun melalui manajemen Dapodik.  Setelah masuk di laman info.gtk.kemdikbud.go.id, Anda dapat mengecek informasi tersebut, maka akan ada tampilan tabulasi di bagian paling bawah tertulis Pembayaran insentif guru bukan PNS.

Cara Cek BLT Guru Honorer infogtk

Demikianlah cara cek BLT Guru Honorer PTK Non PNS. Segera cek akun ptk Anda di infogtk. Namun, perlu diingat Anda harus menggunakan akun yang sudah diverifikasi. Untuk memverifikasi akun pastikan menggunakan email Anda sendiri yang masih aktif dan bukan milik orang lain. Jika terjadi masalah Anda dapat menghubungi operator Dapodik unruk melakukan pengaturan ulang akun yang dapat diakses melalui Manajemen Dapodik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar