10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis

Teguh.info – Pada Artikel kali ini kita akan membahas 10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis. Tidak mencatat laporan adalah hal kurang baik untuk dilakukan pada tiap Bisnis yang Anda kelola, selain itu laporan tersebut tidak harus sulit untuk diterapkan. Dan jika Anda belum mengetahui betul tentang website, Anda dapat mempelajarinya dari masbejo.com yang meberikan berbagai macam tips dalam dunia website profesional.

Teguh akan membahas apa itu laporan, mengapa laporan itu penting, apa yang Anda dapatkan dengan mencatat dan menganalisa laporan yang Anda buat, misalnya hasil, kerugian ketika Anda tidak membuat laporan, perangkat lunak pelaporan yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis laporan tertentu dan hal lainnya agar bisnis Anda berjalan sebagaimana mestinya. Berikut adalah Laporan Digital Merketing yang Anda butuhkan

10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan

1# Lalu Lintas Situs Web Bisnis

Dari 10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis, Laporan pemasaran pertama yang harus Anda analisa adalah lalu lintas situs web. Sederhananya, tanpa traffik, maka bisa disimpulkan bahwa situs web Anda secara kurang efektif untuk digunakan. Tentunya untuk membuat sebuah situs, Anda harus membayar nama domain dan hosting serta pemeliharaan yang diperlukan. Tentunya Anda tidak akan  mengabaikan lalu lintas / lalu lintas potensial menuju ke situs web Anda.

Lalu Lintas Situs Web Bisnis 10 Laporan Digital Marketing

Lalu lintas adalah jumlah orang yang datang dan mengunjungi dan mendarat di situs web Anda. Namun, sebelum membahas lebih rinci tentang lalu lintas situs web, ada satu hal yang dapat lakukan untuk mengetahui seberapa besar laporan berkontribusi terhadap lalu lintas situs web.

Anda dapat melihat lalu lintas dalam berbagai bentuk bagan visual mudah untuk dipahami ketika menggunakan perangkat lunak pelaporan untuk lalu lintas. Bagan visual tersebut akan menggambarkan riwayat lalu lintas. Dengan hal tersebut, Anda akan dapat melihat tren yang terjadi dalam situs bisnis Anda seperti lalu lintas rendah dan tinggi dalam rentang waktu tertentu contohnya trafik atau lalu lintas dalam sehari, minggu, bulan dan tahun.

Lalu lintas adalah metrik yang sangat penting dan merupakan faktor menyeluruh yang berkontribusi terhadap kesuksesan situs web Anda pada akhirnya adalah Bisnis yang Anda Kelola. Lalu, apa yang Anda dapatkan dari laporkan lalu lintas di situs web Anda? Tentunya dengan Analisis yang tepat, Anda akan dapat menciptakan tren pada bisnis Anda sendiri

Setelah Anda memiliki tren (berdasarkan data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu), Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk mulai melakukan tindak lanjut dalam bisnis Anda. Misalnya adalah produk atau halaman apa yang pengunjung paling sering kunjungi. Dengan itu, Anda akan dapat mengetahui minat pengunjung pada produk atau layanan yang ada pada bisnis Anda.

Ketika Anda mengumpulkan data lalu lintas dari situs web, Anda akan dapat melihat lalu lintas secara keseluruhan (jumlah total pengunjung dari semua halaman) dan jumlah orang di halaman tertentu. Jika tidak memantau lalu lintas, Anda tidak akan dapat mengumpulkan informasi tentang sumber lalu lintas, rasio pentalan, halaman keluar dari situs Anda, halaman teratas situs Anda dan lain sebagainya.  Anda bahkan tidak dapat melihat nilai pelanggan per kunjungan atau melihat siapa yang merujuk ke situs web Anda.

Yang Anda perlukan adalah lalu lintas.

Anda dapat melacak dan menganalisis berbagai data dengan lalu lintas situs web.  Anda dapat melihat orang-orang yang mengunjungi situs Anda selama rentang waktu tertentu seperti hari sebelumnya, minggu atau bulan sebelumnya. Nah, setelah kita mengetahui lebih banyak tentang lalu lintas pada situs web yang kita kelola, langkah selanjutnya adalah menentukan sumber lalu lintas Anda.

2# Sumber Lalu Lintas Situs Web

Daftar ke dua dari 10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis adalah Sumber lalu lintas web. Pada dunia digital, Ada tiga jenis utama sumber lalu lintas. Langsung (Direct), rujukan (Referral), dan penelusuran (Search). Sumber lalu lintas adalah sumber dari lalu lintas yang mengarahkan pengunjung menuju ke situs web Anda.

Sumber Lalu Lintas Situs Web 10 Laporan Digital Marketing

Langsung (Direct)

Lalu lintas langsung adalah lalu lintas yang berasal dari pengunjung yang langsung memasukkan URL situs web Anda ke kolom alamat mereka tanpa melakukan penelusuran pada sebuah informasi terlebih dahulu.

Lalu lintas langsung (Direct) tersebut berasal dari pengguna yang memang sudah mengetahui situs web Anda. Atau kadangkala lalu lintas tersebut berasal dari tautan yang  disalin secara langsung

Rujukan (Referral)

Lalu lintas rujukan adalah lalu lintas yang berasal dari “sumber yang dirujuk”.  Sumber ini bisa berasal dari platform media sosial dimana banyak pengguna mengklik tautan yang dibagikan. Mereka tidak menyalin dan menempelkan URL tersebut. Sumber ini juga bisa juga dari email seperti buletin atau materi promosi. Lalu lintas ini adalah lalu lintas yang datang menuju ke situs Anda dari luar mesin pencari.

READ  Cara Membuka Bisnis Online dari 0 bisa dicoba dirumah

Lalu lintas penelusuran atau pencarian ( Search) adalah lalu lintas yang sumbernya berasal dari mesin pencari (Google, Bing, Yandex dan sebagaiya). Lalu lintas inilah yang sering disebut sebagai lalu lintas organik. Lalu lintas jenis inilah yang bagus dan harus Anda miliki. Hal ini dikarenakan, dengan lalu lintas organic, Anda dapat mulai melihat kata kunci apa yang digunakan pengguna untuk menemukan konten Anda dan konten manakah yang mereka temukan dalam situs web Anda dan pada hasil pencarian.

Dari sini, Anda dapat mempelajari frasa apa yang diketik orang ke mesin pencari untuk menemukan situs web Anda, lalu Anda dapat mulai memberi peringkat lebih tinggi untuk istilah yang dicari ini untuk menghasilkan konten yang bagus nantinya.

Inilah alasan mengapa Anda harus melacak dari mana lalu lintas Anda berasal. Dengan ini  Anda dapat membuat kampanye yang benar-benar tepat untuk bisnis Anda – apakah orang-orang datang langsung ke situs web Anda atau apakah mereka menelusuri situs web Anda dari hasil pencarian?

Jika orang-orang datang dari mesin pencari, Yang harus Anda lakukan adalah fokus pada kata kunci yang digunakan dalam konten Anda dan memastikan konten tersebut Anda buat semaksimal mungkin. Anda tidak boleh menggunakan konten secara sembarangan. Dan Jika orang datang ke situs web Anda melalui rujukan, sudah tentu Anda maksimalkan dengan membuat kampanye di media sosial atau kampanye email. Dan yang pasti, Jika Anda tidak melacak dan menganalisis dari mana sumber lalu lintas Anda berasal, Anda tidak akan dapat membuat kampanye yang tepat.

Nah, Sekarang setelah setelah kita mengetahui apa itu lalu lintas situs web, saatnya untuk beralih ke langkah Laporan Beikutnya – interaksi.

3# Interaksi

Interaksi di situs web Anda adalah apa yang dilakukan pengguna Anda. Selain mengetahui dan menganalisis lalu lintas, Anda juga perlu mengetahui apa yang mereka lakukan ketika berada dalam situs web Anda.

interaksi  10 Laporan Digital Marketing

Tiap pengguna pastinya akan melakukan hal yang berbeda. Bahkan satu penggunapun dapat melakukan hal yang berbeda pada setiap halaman situs web Anda. Anda tentu ingat pembahasan sebelumnya, Anda dapat mengumpulkan lalu lintas per halaman. Tentu saja  Anda dapat melihat apa yang dilakukan semua pengguna di halaman tertentu pada situs web  Anda.

Anda dapat mengetahui secara spesifik pada saat pengguna membuka halaman web Anda. Dengan data ini Anda dapat membuat pengguna melakukan lebih banyak hal yang mereka inginkan, Karena Anda dapat menentukan dan  memengaruhi perilaku mereka untuk melakukan tindakan yang mereka lakukan misalnya dengan mengklik bagian tertentu pada situs Anda (dalam hal ini kampanye Anda).

Hal ini dikarenakan, Anda dapat melihat di mana mereka mengklik (hotspot) dan di mana mereka tidak mengklik (drop off point). Sehingga Anda mengetahui dengan benar apa yang pengunjung minati ketika mengklik sesuatu (contohnya iklan atau gambar atau hal lainnya). Anda juga dapat melihat jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di halaman web Dari sini, Anda bisa mendapatkan jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna di setiap halaman situs web Anda.

Contohnya Anda memiliki ajakan bertindak (Call to Action : Beli disini atau Klik disini) yang Anda letakan pada satu halaman situs web Anda, namun tidak ada pengguna yang mengklik tautan tersebut. Tentunya Anda ingin mencari tahu alasannya.

Anda dapat melakukan A/B Testing yang pernah teguh bahas dan Anda dapat membacanya pada artikel A/B Tesing. Dengan A/B testing, Anda dapat mencoba dua varian yang berbeda pada Tombol Call To Action tersebut. Misalnya, dengan tombol berwarna biru, dan warna ungu pada tata letak yang berbeda dengan ajakan (CTA) yang sama. Dengan ini Anda dapat melihat variasi CTA yang berwarna apa yang memiliki kinerja lebih baik daripada yang lain.

Dengan laporan interaksi, Anda dapat meningkatkan setiap aspek yang ada pada desain situs web Anda secara efektif. Anda dapat memengaruhi pengguna dengan menggunakan tampilan dan cara kerja situs web Anda. Intinya sangat penting bagi Anda untuk mendesain situs web Anda bukan hanya karena Anda menyukainya, namun bagaimana agar pengguna Anda (audiens target) juga menyukainya. Interaksi sangat penting untuk Anda ketahui laporannya sehingga interaksi masuk ke dalam daftar 10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis

4# Tingkat konversi

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan lalu lintas dan interaksi itu, langkah selanjutnya adalah memantau rasio konversi Anda. Tingkat konversi adalah rasio di mana Anda pengunjung Anda berubah menjadi pelanggan atau bahkan pelanggan potensial.

tingkat konversi 10 Laporan Digital Marketing

Ajakan bertindak (Call to Action) yang meiliki kinerja lebih baik dari yang lain akan menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan rasio konversi Anda. Sederhananya , rasio konversi adalah persentase pengguna yang mengambil tindakan yang diinginkan. Tindakan yang diinginkan ini adalah tujuan website Anda (misalnya ketika Anda menginginkan pengunjung untuk mengklik tombol BELI DISINI).

Jadi, apa yang menjelaskan konversi?

Peristiwa konversi bisa didefinisikan melalui banyak hal. Contohnya adalah ajakan bertindak yang ada pada situs Anda. Ajakan bertindakpun dapat berbeda-beda pada tiap situs atau bahkan halaman. Beberapa tindakan ini dapat berupa mendaftar ke buletin, mengisi formulir kontak, mendaftar sebagai pengguna, melakukan pembelian, atau bahkan mengunduh beberapa perangkat lunak uji coba.

READ  Pengertian Digital Marketing Dalam Dunia Bisnis

Diatas, ketika membahas sedikit tentang pengujian A / B (untuk menguji berbagai ajakan bertindak), Anda dapat menggunakan pengujian A / B untuk meningkatkan rasio konversi. Hal ini dikarenakan konversi dihitung melalui penggunaan ajakan bertindak. Sekali lagi, desain dan pengalaman pengguna harus sesuai dengan harapan pengguna, bukan hanya karena Anda sukai.

Tingkat Konversi Pengunjung Kembali

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berapa tingkat konversi pengunjung kembali yang Anda dapatkan. Ada banyak hal yang dapat anda analisis. Tentunya dalam kasus Ini dikarenakan Anda perlu mengetahui mengapa mereka kembali, apakah mereka mengonversi saat pertama kali mengunjungi situs Anda, atau mereka pergi tanpa menyelesaikan konversi tersebut? Bisa jadi saat pengunjung Anda tidak mengonversi ketika pertama kali mengunjungi situs Anda, namun mengonversi pada kunjungan keduanya, hal ini mungkin berarti pengunjung tersebut, telah melakukan penelitian dan memutuskan untuk memilih situs web Anda daripada situs yang lain.

Hal ini juga berarti situs web Anda memiliki konten yang bagus dan memilki hal seperti yang diharapkan pengunjung. Dan tentu saja Anda ingin mempertahankan pelanggan yang kembali ini . Artinya, Anda perlu mengtahui apa yang mereka beli, halaman apa yang mereka kunjungi dan hal lainnya dari pengunjung yang satu ini.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan fasilitas khusus untuk pelanggan yang kembali (contohnya diskon atau promo member) dengan menyiapkan hal seperti ini akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

5# Rasio Pentalan

Ketika orang meninggalkan situs web Anda setelah “mendarat” di suatu halaman yang Anda miliki pada situs web Anda,  itulah yang disebut rasio pentalan. Mereka hanya “memantul” alih-alih tetap berada di halaman web Anda untuk melihatnya. Hal ini berarti pengunjung tidak membaca konten di situs Anda, mengklik ajakan bertindak (CTA), atau berubah menjadi calon pelanggan / pelanggan.

Rasio Pentalan 10 Laporan Digital Marketing

Beberapa alasan mengapa rasio pentalan terjadi.

Ada banyak alasan yang mempengaruhi besarnya rasio pentalan. Bisa jadi karena desain yang buruk, tautan rusak, teks tidak dapat dibaca, informasi yang tidak relevan dan masih banyak hal lain yang dapat menyebabkannya. Google bahkan akan memperhatikan dan menilai bahwa konten situs web Anda buruk jika pengguna meninggalkan halaman web Anda setelah beberapa detik. Dalam hal ini berarti situs web Anda tidak akan diberi peringkat untuk istilah yang dicari bahkan jika Anda memiliki kata kunci dalam konten Anda. Sehingga akan sangat penting untuk memantau rasio pentalan situs web Anda

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi rasio pentalan adalah kecepatan memuat situs web Anda. Jika situs web Anda tidak dimuat dalam beberapa detik orang cenderung akan menutup halaman dan tidak akan membaca situs web Anda. Bisa juga terjadi karena bagian dari halaman web Anda dimuat dan bagian lain mungkin memerlukan waktu yang lebih lama. Hal seperti ini akan berdampak negatif pada rasio pentalan situs web Anda.

Mengurangi rasio pentalan situs web Anda

Sehingga untuk mengurangi rasio pentalan situs web Anda, Anda perlu memastikan Anda memiliki desain yang bagus, pengalaman pengguna yang baik, konten yang bagus, dan waktu pemuatan yang cepat. Dengan tingginya rasio pentalan, potensi untuk menghasilkan sesuatu dari situs Anda juga akan berkurang.

Anda juga perlu menarik pengunjung yang tepat (target pasar / audiens Anda). Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat pada situs Anda. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, Anda akan menarik pengunjung yang tepat dan selanjutnya dapat membuat halaman arahan dan membuat kampanye yang menarik untuk target audiens Anda.

6# Keluar dari Halaman

Nomor 6 dalam daftar 10 Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis adalah Halaman keluar. Halaman keluar adalah halaman dimana pengunjung cenderung meninggalkan situs Anda. Pengunjung dapat membuka halaman keluar dengan dua cara. Yang pertama adalah keluar secara langsung atau dengan menavigasi ke halaman keluar. Jika pengunjung membuka halaman Anda dan langsung keluar hal ini dapat meningkatkan rasio pentalan. Artinya Anda perlu menganalisa hal ini dan mencari tahu alasannya. Apakah dengan merevisi konten halaman web atau menambahkan ajakan bertindak yang diperlukan. Atau mungkin saja  Anda tidak memiliki ajakan bertindak yang diperlukan

Keluar dari Halaman 10 Laporan Digital Marketing

Atau bahkan dikarenakan memiliki terlalu banyak halaman untuk dinavigasi oleh pengguna sebelum mereka mencapai ajakan bertindak yang diperlukan. Pada dasarnya, Anda hanya boleh memiliki maksimal tiga halaman untuk dinavigasi pengguna sebelum mencapai tujuan mereka (tujuan situs web Anda).

Sebagai contoh Misalnya, Anda memiliki situs web eCommerce dan pengguna masuk ke beranda. Jika Anda ingin calon pelanggan atau pelanggan lama Anda membeli item unggulan apa pun, kemudian Anda akan memberi mereka opsi untuk membeli sekarang membawa pengguna langsung ke keranjang untuk melakukan pembelian atau memberi mereka opsi untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk. Mengetahui lebih banyak tentang produk tentunya akan menambah satu navigasi pada halaman Anda. Setelah itu mereka dapat menambahkan produknya ke keranjang dan menyelesaikan proses keranjang.

READ  Trik menulis artikel SEO Friendly 1000 kata dalam 1 jam

Dengan contoh tersebut, seharusnya, pengguna tidak menggunakan lebih dari tiga langkah untuk melakukan pembelian

  1. Pengguna membuka beranda
  2. Mereka perlu mengeklik ke satu halaman produk (jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut)
  3. Lalu saat di halaman produk tunggal mereka dapat mengklik tambahkan ke keranjang
  4. Melanjutkan ke pembayaran.

Hal tersebut bisa diringkas menjadi tiga langkah misalnya:

  1. Pengguna membuka di beranda, melihat produk unggulan dan mengklik ke halaman produk unggulan tunggal
  2. Pengguna menambahkan produk unggulan dan deskripsi item lalu menambahkannya  kedalam keranjang
  3. Melanjutkan ke pembayaran untuk menyelesaikan proses checkout

Dan dalam proses pembayaran mungkin memiliki banyak langkah biasanya proses checkout memiliki langkah sebagai berikut:

  1. Masuk
  2. Penagihan
  3. Pengiriman
  4. Konfirmasi
  5. Pembayaran

Agar pengguna tetap termotivasi selama proses ini, mungkin sebaiknya Anda dapat mebuat daftar jumlah langkah dan tunjukkan di mana proses yang mereka sedang lewati.

Anda dapat menggabungkan proses masuk atau membuat akun berdasarkan detail penagihan atau pengiriman mereka. Sehingga pengguna dapat melewatkan detail pengiriman jika mereka menggunakan alamat penagihan mereka. Hal ini akan membuat pengguna melewati tiga langkah untuk menyelesaikan pembelian.

7# Halaman Teratas

Sama seperti mengetahui halaman keluar Anda, penting juga untuk mengetahui apa halaman teratas Anda. Anda perlu mengetahui apa halaman teratas yang Anda miliki untuk terus memperbaikinya dan mengoptimalkannya. Dengan menggunakan Halaman teratas Anda juga akan mengetahui jenis konten apa yang paling diminati oleh pengguna Anda.

Halaman Teratas 10 Laporan Digital Marketing

Hal lain yang dapat ketahui dari halaman teratas Anda adalah desain / fungsionalitas yang ada. Hal ini dikarenakan pengguna menyukai interaksi tertentu saat menavigasi situs web Anda. Selain memiliki konten yang bagus, ada baiknya untuk memiliki beberapa fitur tambahan. Fitur Ini dapat berupa elemen mulai dari animasi tombol hingga peningkatan pengalaman pengguna.  Anda perlu mengetahui hal-hal ini sehingga Anda dapat menganalisis apa yang paling disukai pengguna Anda dan terus mengoptimalkan halaman lainnya.  Jika Anda tidak tahu apa halaman teratas Anda, Anda mungkin akhirnya berfokus pada halaman yang sebenarnya bukan halaman teratas Anda.

8# Nilai Pelanggan Per Kunjungan

Nilai per kunjungan adalah nilai setiap kunjungan. Anda dapat melakukan ini dengan membagi jumlah total kunjungan dengan nilai yang diperoleh. Kita akan menggunakan contoh eCommerce seperti yang kita lakukan sebelumnya. Misalkan Anda memiliki rasio konversi 4% (rasio konversi eCommerce global rata-rata adalah 4,31%). Selain itu, katakanlah Anda menghasilkan rata-rata sekitar 50.000  per pembelian. Hal ini berarti, stiap kunjungan bernilai 2.000.

Nilai Pelanggan Per Kunjungan

4 dikalikan 50.000 adalah  200.000 (untuk setiap 100 pengunjung).  Anda hanya menghitung total dari persentase konversi – Anda hanya memiliki 4% (4 orang) yang menghasilkan pendapatan bersih. Artinya, Anda perlu menggandakan persentase  ini berdasarkan pembelian rata-rata.

Anda harus membagi  200.000 tersebut  dengan 100 pengunjung. Dan Anda mendapatkan 2.000 per kunjungan. Bayangkan jika Anda memiliki tingkat  konversi 50% saja Anda akan mendapatkan 2.500.000. Bukankah hal tersebut sangat menjanjikan?

50 pengunjung dikalikan dengan 50.000 adalah 2.500.000.  Bagi 2. 500.000 dengan setiap 100 pengunjung. Artinya Anda mendapatkan 250.000 penuh per kunjungan.

9# Biaya per konversi

Setelah itu, Anda juga perlu mengetahui biaya per konversi. Hal ini dikarenakan Anda mungkin menghabiskan uang di situs web Anda (konten, pembaruan, iklan). Akan tetapi, jika nilai per kunjungan tidak menghasilkan uang, berarti Anda dapat memiliki pendapatan nol atau bahkan minus.

Biaya per konversi

Jika kita menggunakan contoh sebelumnya, Anda memiliki rasio konversi sebesar 4% dan menghasilkan rata-rata 50.000 untuk setiap pembelian dan Anda mendapatkan nilai per kunjungan sebesar  2.000. Lalu, Anda membelanjakan lebih dari  50.000  per konversi dan konversi itu hanya menghasilkan pembelian sebesar 50.000 .Artinya Anda tidak memperoleh apa pun. Namun, jika Anda memiliki SEO organik , Anda tidak akan memerklukan biaya apa pun untuk memasarkan situs web Anda .

10# Perangkat lunak

Ini bukan poin yang termasuk dalam 10 laporan Digital Marketing yang dibutuhkan setiap bisnis, tetapi perangkat lunak ini merupakan perangkat lunak yang direkomendasikan untuk membuat laporan tersebut.

Perangkat lunak

Berikut software yang kami rekomendasikan untuk setiap laporan Digital Marketing yang dibutuhkan setiap bisnis.

Google Analytics

Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk melaporkan lalu lintas situs web dan sumber lalu lintas, rasio konversi, rasio pentalan, halaman teratas, mencari tahu jumlah pengunjung untuk nilai pelanggan per kunjungan dan biaya per konversi, pelanggan yang kembali, halaman keluar dan interaksi (link yang diklik, dan sebagainya)

HotJar

HotJar digunakan untuk menghasilkan laporan tentang bagaimana orang menggunakan situs web Anda. Anda juga dapat melihat di mana pengguna mengklik halaman web Anda, di mana pengguna paling sering tinggal dan titik drop off (halaman keluar). Anda dapat merekam bagaimana pengguna menavigasi situs Anda secara real-time .

CRM

Anda dapat menggunakan perangkat lunak CRM seperti MailChimp, ActiveCampaign atau HubSpot. MailChimp memungkinkan Anda untuk mengelola dan berinteraksi dengan pelanggan Anda dengan mudah. Contohnya adalah mengirimkan email otomatis ke pelanggan Anda.

Itulah 10  Laporan Digital Marketing Yang Dibutuhkan Setiap Bisnis  yang Anda kelola. Dengan laporan tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengembangkan  bisnis Anda degan lebih baik dan lebih terukur. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar