Tren SEO Digital Marketing Populer untuk sukses 2021

teguh.info – Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu elemen terpenting dari sebuah konten pada situs web. SEO akan memberikan visibilitas yang diperlukan dan dibutuhkan untuk menarik lebih banyak pelanggan datang mengunjungi situs Anda. Selain itu, penerapan SEO juga akan meningkatkan posisi situs web Anda pada halaman pencarian. Strategi SEO yang kuat memungkinkan bisnis yang dikelola memposisikan situs webnya untuk menarik lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan peluang untuk mengubah pengunjung ini menjadi pelanggan. Dan kali ini teguh akan mengulas Tren Digital Marketing SEO untuk 2021.

Para pelaku bisnis seringkali melupakan mengapa mereka menjalankan bisnis dan siapa yang membutuhkan layanan mereka. Dan cenderung mengabaikan SEO dan menggunakan konten pemasaran Apa adanya dan hanya mengandalkan tampilan gambar yang menarik saja. Walaupun gambar juga turut Andil dalam konten, namun tidak bisa disangkal hal yang paling berpengaruh pada keterlihatan situs Anda di halaman pencarian dalam kampanye Digital Marketing adalah kualitas SEO pada situs web Anda.

Tidak diragukan lagi, di dunia saat ini, di mana lebih dari 4,5 miliar orang adalah pengguna internet , pemasaran digital adalah salah satu bentuk pemasaran paling ampuh. Selain itu, sebagian besar lalu lintas internet dunia dihasilkan melalui mesin pencari. Jadi, jika Anda menginginkan hasil maksimal dengan menggunakan teknogi dan strategi digital marketing pada bisnis SEO adalah satu-satunya cara untuk sukses mencapai hal tersebut. Selain itu, 82 persen pelaku bisnis yang menerapkan strategi berbasis SEO merasa hal tersebut sangat efektif.

Dengan beberapa fakta tersebut, kita akan mengulas beberapa Tren SEO Digital Marketing terpopuler untuk tahun 2021.

Tren SEO Digital Marketing terpopuler untuk tahun 2021

1# (Artificial Intellegence) AI

Tidak dapat disangkal bahwa kecerdasan buatan (AI) berkembang dengan sangat cepat. Saat ini, pemasaran dan penjualan memprioritaskan AI lebih tinggi daripada tren pemasaran lainnya. Sebuah studi yang dilakukan baru – baru ini menemukan bahwa inisiatif yang terkait dengan sains data dan pembelajaran mesin menempati peringkat prioritas ke-8 di antara 37 teknologi yang dipelajari. Laporan tersebut menunjukkan bahwa industri AI berada di jalur yang tepat untuk diterapkan pada sebuah bisnis.

(Artificial Intellegence) AI

Melalui penggunaan AI, akan memungkinkan pelaku bisnis untuk membuat konten yang lebih relevan dan memaksimalkan peluang membangun bisnis mereka di dunia digital. Kecerdasan buatan dapat merangkum data dan mengolah data tersebut dengan cepat dan efektif untuk digunakan dalam pemasaran. Contohnya penggunan Wordlift, Pave AI atau Diagoflow yang digunakan pada Google Assistant sampai Cortana. Dapat dipastikan tren ini akan semakin meningkat di tahun tahun berikutnya.

READ  Mic Eksternal untuk Youtuber dan rekomendasi merk

2# SEO Lokal

Pengoptimalan mesin telusur lokal tergolong sangat penting. Anda akan lebih mudah bersaing dengan para kompetitor lokal dengan merajai pasar lokal disekitar Anda. Dan jika saat ini bisnis Anda tidak termasuk dalam daftar 1 sampai 6 teratas di wilayah Anda. Maka, sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan menguasai wilayah disekitar Anda terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Anda dapat mengunggunakan dan memaksimalkan pemasaran digital pada  bidang bisnis Anda. Salah satu cara terbaik untuk memulainya adalah dengan menguasai wilayah disekitar Anda.

Daftarkan Usaha di Google My Bussines Tren SEO Digital Marketing
Daftarkan Usaha di Google My Bussines

Pentingnya fitur pemetaan Google saat ini tidak dapat diabaikan. Selain hasil pencarian dasar, Google menawarkan Google Maps, di mana Anda dapat mencari lokasi tertentu dan mendapatkan petunjuk arah. SEO lokal penting karena Anda ketahui sendiri, saat ini semakin banyak orang yang menggunakan Google untuk menemukan bisnis lokal dengan mudah.

Menurut Chatmeter penelusuran untuk kata kunci “di dekat saya” dan “malam ini atau “hari ini” meningkat 900% dalam dua tahun terakhir. Sedangkan penelusuran seluler untuk “buka sekarang” meningkat sampai dengan 200%. Tidak berhenti sampai disini. Selain tren pencarian tersebut. Data menunjukan bahwa saat ini 46% pengguna internet akan mengetikan kata kunci melalui mesin pencari dan memilih untuk mengklik  bisnis lokal segera setelah menemukan apa yang mereka butuhkan. Jika Anda belum mencantumkan bisnis Anda pada Google Map, segeralah mencantumkannya di peta ini. Dengan itu, Anda akan memiliki peluang bagus untuk mendapatkan pelanggan baru.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan SEO lokal pada situs web bisnis yang Anda kelola. Dan berikut ini adalah beberapa tips agar Anda dapat merajai wilayah lokal disekitar Anda.

Tips meningkatkan SEO Lokal

  1. Optimalkan situs web Anda untuk perangkat seluler dan pencarian suara.
  2. Temukan dan manfaatkan kata kunci lokal yang Anda dapatkan melalui riset.
  3. Gunakan direktori bisnis online.
  4. Tonton beberapa video loka misalnya melaui Youtube dan kembangkan konten yang menarik dengan ide yang Anda temukan di sekitar Anda.
  5. Buat atau klaim Google Bisnisku milik Anda.
READ  Periksa Kesehatan di RS Siloam Sekarang Sangat Mudah dengan Aplikasi Halodoc

3# Pahami Data Terstruktur

Tren SEO digital marketing populer berikutnya adalah Data struktur. Hal ini ternyata menjadi elemen penting pada sebuah situs web. Mengapa data struktur begitu penting? Jawaban sederhananha adalah sebagian besar dikarenakan Google Penelusuran akan menggunakan data terstruktur yang ditemukan pada sebuah situs web untuk memahami konten halaman dan mengumpulkan informasi tentang situs web tersebut.

Pahami Data Terstruktur Tren SEO Digital Marketing

Berita baiknya adalah Google menawarkan Alat Pengujian Data Terstruktur untuk membantu Anda memahami konsep tersebut. Anda dapat mencari cara untuk menguji data terstruktur pada pencarian. Akan bayak tutorial yang dapat Anda pahami dengan mudah. Dengan memahami Data Terstruktur akan sangat berguna dan sangat membantu Anda memberikan hasil yang lengkap dari situs web atau halaman arahan Anda.

Anda juga perlu untuk meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX) berdasarkan pada Algoritme Google baru dan menggabungkan data vital web baru yang terkait dengan UX. Hal ini dapat diartikan bahwa menyediakan UI (antarmuka pengguna) yang menarik memang sangat penting.

Dan untuk meningkatkan UX dan UI pada situs web Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda harus pertimbangkan sebelumnya, yaitu:

  1. Waktu pemuatan yang lebih cepat
  2. Font serta gambar yang memiliki kualitas tinggi serta tata letak yang baik.
  3. URL dan peta situs yang ramah pengguna
  4. Dasbor yang mudah digunakan untuk anggota terdaftar

Dengan Antarmuka yang spesial, Anda akan dengan mudah membujuk pengguna untuk menjelajahi situs Anda dengan antarmuka dan navigasi yang lebih baik. Anda dapat menghubungi jaringan Masbejo Grup yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan atau membuat situs yang menampilkan desain antarmuka yang menarik.

4# Konsep EAT (Expertise, Authority and Trust)

Konsep Eat dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pengalaman, otoritas, dan kepercayaan. EAt inilah yang menjadi  adalah faktor-faktor dalam Panduan Penilai Kualitas Pencarian oleh Google. Konsep dan Akronim inilah yang disebutkan dan dibuat oleh google sendiri sebagai patokan dalam pertimbangan kelayakan bagi google dalam hasil pencarian.Singkatnya adalah situs dengan EAT yang baik akan memiliki peringkat yang lebih baik daripada situs dengan EAT yang buruk. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan EAT bisnis yang kita kelola?

Konsep EAT (Expertise, Authority and Trust) Tren SEO Digital Marketing

Untuk meningkatkan peringkat Anda melalui EAT ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

  1. Dapatkan tautan dari domain dengan otoritas tinggi.
  2. Anda dapat memoekerjakan ahli untuk memeriksa konten-konten yang ada pada situs Anda dengan fakta yang Ada.
  3. Dapatkan lebih banyak ulasan pengguna.
  4. Manfaatkan halaman Wikipedia.
  5. Tunjukkan pada audiens hasil pekerjaan yang menunjukkan keahlian Anda.
  6. Selalu perbarui konten Anda.
  7. Situs Ramah Seluler
READ  Cara Membuat Posting Artikel Pada Blogspot

Seperti yang kita saksikan sendiri, setiap tahunnya, keberadaan dan kecanggihan ponsel semakin berkembang. Dan pada 2019, ponsel menyumbang 52,2 persen dari lalu lintas internet. Selain itu, 61 persen konsumen cenderung membeli dari situs web yang responsif untuk seluler.

Deretan angka dan fakta menunjukkan dengan pasti tentang perkembangan teknologi smartphone. Dan dipastikan 3,5 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, hal ini tidak akan hilang atau digantikan oleh teknologi baru dalam waktu dekat. Anda dapat merasa yakin bahwa salah satu tren SEO untuk tahun 2021 adalah membuat situs web Anda lebih ramah seluler. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs lebih ramah seluler? Sederhana saja, dan amat mudah untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan situs Anda menjadi lebih ramah seluler:

  1. Gunakan alat uji Ramah Seluler dari Google.
  2. Tingkatkan kecepatan situs.
  3. Buatlah situs Anda menjadi lebih responsif.
  4. Buat desain Anda sederhana namun tetap menarik.
  5. Optimasi Pencarian Suara

Untuk optimasi pencarian suara sendiri. Saat ini lebih dari separuh pengguna ponsel menggunakan teknologi pencarian suara. Ini adalah peluang bagi Anda. Dan untuk memanfaatkan peluang ini, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak ketinggalan:

  1. Sertakan FAQ untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan pada situs web Anda
  2. Optimalkan jawaban dan gunakan pedoman data terstruktur
  3. Gunakan bahasa percakapan dalam konten yang Anda buat.

Saat dunia bisnis mulai memasuki tahun 2021, Anda harus terus fokus pada strategi SEO. Tahun baru dengan banyak peluang baru telah tiba. Sebagai pelaku bisnis Anda perlu menilai kembali berbagai hal untuk dapat mengoptimalkan hasil pada mesin telusur. Hal ini agar Anda dapat memastikan dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan bisnis yang Anda kelola. Masih banyak peluang untuk memperluas jaringan dan memantapkan kehadiran bisnis Anda pada dunia digital. Mulailah dan fokuslah pada peningkatan peluang mendapatkan dan merajai peringkat mesin pencari di pasar lokal. Ini harus menjadi prioritas utama untuk setiap bisnis yang Anda kelola. Setelah memantapkan posisi Anda pada SEO lokal, akan ada banyak Tren SEO Digital Marketing lainnya yang tidak boleh diabaikan seiring dengan berjalannya tahun 2021 ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar