10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020

Teguh.info – Media social saat ini memang menjadi target pasar yang sangat menjanjikan dalam hal pemasaran digital. Kitas sudah pernah membahas sebelumnya Salah satu jenis strategi digital marketing adalah dengan menggunakan media social. dengan melihat jumlah pengguna yang luar biasa besar dengan hal tersebut bukanlah hal yang aneh jika banyak pelaku bisnis yang menawarkan prduk maupun layanannya di Media Sosial. Kali ini, teguh akan membagikan 10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020. Yang perlu diketahui adalah Jaringan media sosial tidak dibuat sama, masing masing social  media tersebut memiliki demografis yang beragam.

Meskipun Instagram saat ini populer bagi banyak bisnis seperti bisnis fashion, kuiner dan masih banyak lagi bisnis yang lainnya, hal itu bukan berarti bisnis yang lain akan sukses menggunakan platform media social ini. Sementara itu, suatu bisnis mungkin memiliki banyak keuntungan yang mereka dapatkan dari Facebook, namun tidak dipungkiri juga bisnis lain akan mendapatkan lebih banyak daya tarik melalui sosial media LinkedIn.

Langkah terbaik dari penggunaan sosmed adalah memiliki setidaknya kehadiran di setiap platform sosmed yang ada. Dan dengan menggunakan data pengguna media sosial di indonesia 2020, Anda akan dapat mempertimbangkan bagaimana Anda memilih aplikasi medsos yang tepat sebagai tempat Anda untuk menginvestasikan waktu maupun Anggaran iklan digital marketing  yang akan Anda maksimalkan.

10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020
Sumber : We are sosial Hootsuite

Total pengguna aktif sosial media di Indonesia berdasarkan data yang dikutip dari katadata.co.id adalah sebanyak 160 juta. Artinya pengguna sosial media  di Indonesia mencapai 59% dari total penduduk Indonesia.Dan  99% dari pengguna media sosial berselancar pada aplikasi medsos yang mereka miliki melalui ponsel.

10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020

1# Youtube

Platform media sosial pertama dengan persentase pengguna sosial media terbanyak di Indonesia adalah Youtube. Persentase pengguna yang mengakses Youtube di Indonesia mencapai 88% atau sebanyak 140.8 juta pengguna. Oleh karenanya, saat ini banyak sekali konten creator yang memanfaatkan youtube untuk mencari penghasilan tambahan. Selain itu dengan jumlah pengguna aplikasi medsos satu ini, para pelaku bisnis juga memanfaatkannya untuk melancarkan strategi digital marketing dengan menghadirkan berbagai konten iklan yang menarik untuk menggaet pasar mereka.

2# Whatsapp

Media sosial yang paling sering diakses selanjutnya adalah WhatsApp sebesar 84%. Pengguna aplikasi perpesanan ini mencapai 134.4 juta pengguna di Indonnesia. Menggunakan Whatasapp sebagai media komunikasi memang sangat efektif. Bisa kita lihat, hampir seluruh pelaku bisnis mencantumkan nomor Whatsapp mereka di profil bisnis atau berbagai konten yang dibuat. Apalagi dengan hadirnya Whatsapp Bussines yang semakin mempermudah para pelaku bisnis untuk menawakan produk maupun layanan bisnis yang mereka kelola. Walaupun diterpa dengan isu pelanggaran data pengguna akhir-akhir ini tidak menghilangkan fakta bahwa aplikasi Whatsapp menjadi Aplikasi Media Sosial nomor dua dengan pengguna terbanyak di Indonesia pada tahun 2020.

READ  Bagaimana Cara Menganalisis Peluang Usaha di Sekitar?

3# Facebook

Jaringan media sosial ini terbukti menyediakan ruang untuk bagi para pelaku bisnis. Di Indonesia sendiri Persentase pengguna Platform Media Sosial Facebook mencapai 82% dari total pengguna media sosial di Indonesia atau sekitar 131.2 juta pengguna. Mungkin Anda juga salah satu pelaku bisnis yang menggunakan sosmed ini untuk menawarkan produk. Dan jika belum, Anda dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan membuat akun profil bisnis dan membuat grup, halaman, membuat konten yang beragam  untuk menawarkan produk dan layanan bisnis Anda. Facebook juga memilki fasilitas periklanan yang cukup efektif untuk digunakan.

4# Instagram

Pengguna media social Instagram di Indonesia mencapai 79% atau 126.4 juta pengguna. Salah satu media sosial paling banyak digunakan 2020 ini menawarkan konten visual yang menarik yang penuh kreativitas dan dapat menarik para penggunanya. aplikasi sosial media yang lagi trend 2020 Ini juga merupakan jejaring sosial yang menjadi tempat bisnis berbasis produk serta influencer yang sangat berkembang. Tidak hanya dapat terhubung dengan audiens yang sangat besar, Anda juga dapat menautkan informasi produk dan penjualan langsung dari aplikasi medsos ini.  Jika target demografis Anda adalah pengguna dengan usia dibawah 35, Instagram adalah tempat yang sangat tepat. Instagram banyak digunaan oleh pengguna berusia antara 18 hingga 34 tahun.

5# Twitter

data pengguna media sosial di indonesia 2020 menepatkan Twitter sebagai sosmed dengan persentase pengguna di Indonesia mencapai 56% atau sekitar 89.6 juta pengguna. Anda akan memperoleh manfaat yang sangat besar jika bisnis Anda terkait dengan hiburan, olahraga, politik, atau pemasaran. Anda akan memperoleh keterlibatan yang luar biasa di Twitter. Dengan menggunakan Twitter Anda akan memiliki kesempatan untuk memperoleh ruang yang informatif dengan percakapan tanpa henti. Sangat mudah bagi produk Anda yang unik untuk mendapatkan ruang diantara pengguna Twitter dengan konten yang menarik dan unik.

6# Line

50% Pengguna Media Sosial Indonesia menggunakan Aplikasi Line untuk berbagai keperluan. Ada Sekitar 80 juta pengguna Line yang menggunakannya sebagai aplikasi perpesanan dan didominasi oleh anak muda. Dengan menggunakan Layanan LINE dapat membantu Anda untuk mendistribusikan kupon atau campaign promosi secara langsung kepada audiens. Anda juga dapat dengan mudah mengunggah berbagai informasi aktual bisnis Anda dalam bentuk text, foto video, dan fitr unggulannya yaitu stiker. Dan yang paling menarik adalah Anda dapat mengelola akun bisnis secara lebih optimal dengan menggunakan layanan fitur statistik yang disediakan. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menganalisis perkembangan bisnis yang And ajalankan.

READ  Cara Membuat whatsapp bussines Dengan Mudah dan Cepat

7# FB Messenger

platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020 selanjutnya adalah FB Messenger yang juga mencapai 50% jumlah pengguna atau sekitar 80 juta pengguna. Fitur yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah Messenger Codes untuk memperluas jaringan dan memudahkan pelanggan untuk menghubungi Anda. Dengan aplikasi sosmed ini juga dapat mempermudah pelanggan Anda dalam menanyakan produk sampai dengan menyampaikan keluhannya jika dibandingkan dengan mencatat nomor telepon atau email karena FB messenger terintegrasi dengan halaman bisnis Anda. Selain itu, fitur Chatbot juga dapat membantu Anda untuk memberikan layanan yang serba terotomatisasi mulai dari rekomendasi produk hingga menyediakan konten yang terspesialisasi. FB messenger juga memiliki fitur lain seperti berbagi lokasi ini. Facebook Messenger memang sangat mendukung bisnis Anda karena aplikasi ini tidak hanya bisa difungsikan sebagai ruang obrolan.

8# Linkedin

Walaupun Linkedin mungkin bukan salah satu platform  media sosial yang paling mencolok. Namun di Indonesia media sosial ini memperoleh 35% pengguna atau sekitar 56 juta pengguna yang ada di Indonesia. Sehingga membuat Linkedin memiliki potensi yang tidak bisa Anda Sepelekan begitu saja. Dan Linkedin sendiri kebanyakan didominasi oleh para professional. Hal ini akan membuat anda dapat terhubung dengan sekelompok profesional elit yang dapat membuat perbedaan mencolok untuk bisnis Anda. Namun tidak hanya sebatas itu, jika Anda memanfaatkannya secara optimal media sosial yang satu ini dapat menjadi sarana promosi, sumber pengetahuan, serta sumber daya sosial dapat Anda manfaatkan dalam mengelola bisnis. Maka tak heran jika media sosial ini banyak dimanfaatkan oelh perusahaan yang mulai sadar akan potensi marketing B2B (Bussines to Bussines) yang ada di LinkedIn.

9# Pinterest

Pinterest menempati posisi ke 9 dari 10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020. Pengguna Pinterest mencapai 34% atau 54,4 juta pengguna di Indonesia. Ada banyak konten populer di pinterest  fashion, makanan, dekorasi, pernikahan, olahraga, dan pin terkait barang barang DIY adalah konten terpopuler yang ada di dalamnya. Media sosial ini memiliki konten visual yang menarik dan didominasi oleh Wanita. Sehingga, jika bisnis Anda menargetkan wanita, Pinterest adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk menginvestasikan waktu pemasaran sosial media dengan menggunakan Pinterest. Namun bukan berarti jika target pasar Anda adalah laki-laik, maka Anda tidak memilki peluang menggunakan Pinterest. Karena faktanya, 40% dari pendaftaran pengguna baru Pinterest adalah laki-laki.

READ  5 dompet digital terpopuler di Indonesia untuk Anda

10# WeChat

Walaupun Aplikasi perpesanan di Indonesia di dominasi oleh Whatsapp, FB Messenger dan Line. Jumlah pengguna Aplikasi WeChat yang mencapai 29% pengguna atau 46.4 juta pengguna juga tidak bisa dianggap remeh untuk digunakan dalam bisnis. Dengan menggunakan Akun yang Diverifikasi, pelanggan Anda akan bisa mendapatkan anggota jaringan WeChat . Setelah itu Anda dapat mulai Menerbitkan kartu VIP virtual bagi pelangga loyal Anda atau Mengirim pemberitahuan penawaran promosi dengan berbagai konten menarik yang Anda buat.  Selain itu, WeChat memungkinkan Anda untuk membuat situs web mini . Aplikasi medsos ini akan cocok untu digunakan Anda yang menargetkan geografis komunitas pada pemasaran lokal.

Data Penggunaan Internet di Indonesia

Dan sebagai informasi tambahan yang berguna bagi Anda. Rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk mengakses sosial media adalah 3 jam 26 menit. Dan berdasarkan hasil riset  We are sosial Hootsuite Pengguna Media Social yang ada di Indonesia adalah 160 juta pengguna. Data tersebut dirilis padas Januari 2020. Bertambah 8,1%  atau 12 juta pengguna media sosial di bulan April 2019. Sementara pengguna media sosial didominasi oleh pengguna dengan rentang usia 25-34 tahun 20,6% nya adalah pengguna Laki-laki dan 14,8% adalah pengguna dengan jenis kelamin perempuan. Disusul oleh rentang usia 18-24 tahun dengan jumlah pengguna Laki laki sebesar 16,1% dan perempuan sebesar 14,2 % dari seluruh jumlah pengguna media Sosial.

Data Penggunaan Internet di Indonesia
Sumber: We are sosial Hootsuite

Besarnya populasi masyarakat Indonesia dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet adalah  potensi bagi ekonomi digital nasional. Apalagi semenjak adanya pandemi covid-19 yang membuat bisnis e-commerce, transportasi online, toko online dan bisnis lainnya yang berbasis internet di tanah air tumbuh semakin pesat. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi Anda sebagai pelaku bisnis. Selain itu, pertumbuhan sektor digital ini akan menjadi kekuatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. Itulah 10 platform media sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia Tahun 2020 yang dapat teguh info bahas pada artikel ini. Anda dapat menghubungi masbejo grup untuk dapat memulai kampanye digital dengan menggunakan website yang menarik. Dan semoga dengan data tersebut, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan media sosial dalam bisnis yang Anda kelola. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar