4 tips mengelola keuangan dengan baik! Coba Sekarang

Teguh.info – Uang adalah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda dan mempermudah perencanaan masa depan bagi keluarga Anda. Dengan kestabilan finansial Anda akan dapat memberikan rasa nyaman dalam keluarga. Degan pengelolaan yang baik, Anda juga dapat menabung untuk sesuatu yang Anda inginkan sejak lama. Namun, untuk mencapai hal tersebut tentunya Anda membutuhkan tips mengelola keuangan yang baik. Dan kali ini, teguh info akan memberikan tips yang Anda perlukan tersebut. 

Dalam tips ini, kita akan membuat Uang Bekerja Untuk Anda.  Membuat uang bekerja untuk Anda berarti mengambil kendali atas keuangan Anda. Dengan kendali tersebut Anda akan dapat meningkatkan stabilitas keuangan dan keamanan finansial Anda.

Pada akhirnya dengan stabilitas keuangan tersebuta akan dapat membuat Anda mendapatkan kemandirian finansial atau bahkan mulai membangun kekayaan melalui investasi. Namun sebelum jauh membahas hal tersebut, yang perlu Anda pahami adalah memahami ke mana perginya uang Anda dan mempelajari cara yang lebih baik untuk menggunakan uang tersebut. 

Tips Mengelola Keuangan Dengan Baik

1# Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran adalah alat terpenting bagi Anda dalam membantu untuk mengubah cara Anda dalam mengelola keuangan. Ketika Anda mulai membuat anggaran , Anda memahami dari mana sumber uang Anda berasal dan untuk apa saja Anda membelanjakannya. Anda akan membuat uang melakukan apa yang Anda rencanakan. Bukankah lebih nyaman ketika Anda mengetahui kemana uang Anda pergi, daripada menghabiskan uang tanpa tahu kemana perginya uang Anda dan tanpa perencanaan? 

Membuat Anggaran Bulanan tips mengelola keuangan dengan baik

Ketika Anda mengetahui dengan pasti berapa penghasilan yang Anda miliki, Anda dapat memutuskan di pos mana saja Anda akan membelanjakannya. Ini berarti, Anda telah sukses mengendalikan uang Anda. Langkah pertama untuk membuat uang bekerja sesuai keinginan Anda, alih-alih merasa dikendalikan oleh keuangan Anda.

READ  Cara Menyusun Bisnis Plan Cafe Sederhana dan contohnya

Tujuan utama dalam pembuatan anggaran adalah agar Anda selalu dapat membelanjakan lebih sedikit dari perencanaan yang Anda buat. Ketika Anda membuat anggaran , Anda tentunya akan menetapkan setiap rupiah yang Anda peroleh pada kebutuhan yang ada dalam pengeluaran. 

Misalnya Anda menetapkan Anggaran untuk bahan bakar sebesar 500 ribu per bulannya. Dengan mengetahui Anggaran yang Anda rencanakan, Anda akan berusaha menghabiskan bahan bakar 400 ribu saja bahkan 300 ribu perbulannya sehingga Anda memiliki sisa 200 ribu untuk ditabung. 

Membuat anggaran juga harus dilakukan secara kontinyu. Itu adalah hal yang harus  Anda lakukan secara aktif setiap bulannya. Karena, Anda mungkin perlu menyesuaikan anggaran dari bulan ke bulan untuk memperhitungkan pengeluaran kebiasaan belanja Anda perbulannya. 

2# Lunasi Hutang

Tips mengelola keuangan dengan baik selanjutnya adalah Hindari untuk membuat hutang baru. Prioritaskan dulu untuk meminimalkan pengeluaran dan membayar untuk hal-hal yang penting bagi Anda.  Ketika Anda berhutang, artinya melakukan pembayaran bunga yang secara substansial dan hal itu dapat memotong pendapatan Anda. 

Lunasi Hutang tips mengelola keuangan dengan baik

Memiliki hutang berarti uang Anda tidak bekerja untuk Anda. Uang yang Anda miliki digunakan untuk membayar bunga dan tentunya menciptakan beban keuangan dan membatasi pilihan yang dapat Anda buat dalam merencanakan Anggaran. 

Jika Anda memiliki banyak hutang dan merasa terbebani dengan hal tersebut, Anda dapat menggunakan metode sederhana untuk mengontrol proses pembayaran hutang yang Anda miliki. 

Anda dapat mengatur pembayaran dengan pembayaran minimum untuk semua hutang yang Anda miliki. Namun sisakan hutang dengan nominal kecil. Anda dapat mencari penghasilan sampingan dan gunakan uang ekstra apa pun yang Anda dapatkan untuk melunasi hutang terkecil. Setelah hutang terkecil itu lunas, pindahkan dana yang Anda miliki ke yang terkecil berikutnya.

READ  ide dan peluang usaha makanan khas daerah Indonesia

Saat Anda melunasi hutang Anda yang terkecil, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk melunasi hutang ketika hutang terkecil itu lunas. Dan Anda akan mendapatkan uang ekstra untuk melunasi hutang yang lebih besar. Momentum ini akan membantu Anda fokus dalam upaya terbebas dari hutang dengan lebih cepat.

Setelah merasa lega dengan beberapa jumlah hutang yang sudah dilunasi satu per satu akan memungkinkan Anda menggunakan uang itu pada hal-hal yang penting bagi Anda. Seperti menambah Anggaran untuk tabungan pendidikan, dana pensiun, traveling, atau memulai bisnis yang sangat memungkinkan Anda untuk memperoleh kekayaan dan menciptakan stabilitas dan kemandirian finansial. 

3# Buat Dana Darurat

Apa yang terjadi jika ada sesuatu hal yang urgent sementara Anda tidak memiliki kendali atas keuangan Anda pada saat yang benar benar Anda butuhkan. Contohnya service kendaraan yang tidak terduga, masalah medis, atau keadaan darurat keuangan lainnya. Dapat dipastikan Anda akan kembali terjerumus pada hutang baru. Hal ini akan membuat progres yang Anda buat dalam mengelola keuangan Anda menjadi berantakan. 

Buat Dana Darurat

Membuat dana darurat adalah salah satu cara lain untuk membuat uang Anda bekerja. Dalam keadaan darurat pun Anda tetap memiliki kendali pada keuangan. Kenapa? Karena Anda merencanakan hal -hal yang tak terduga. Dan jika keadaan darurat tersebut benar-benar terjadi, Anda tidak akan bingung karena Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk tetap memiliki kendali atas situasi tersebut.

Menyisihkan uang untuk dana darurat memang membutuhkan waktu dan kerja keras. Karena idealnya, Anda harus memiliki dana darurat setara dengan pendapatan Anda selama setidaknya tiga atau enam bulan. Tetapi bagaimanapun juga, setiap sedikit uang yang Anda sisihkan untuk mendapatkan Dana darurat ini akan benar benar membantu. 

Bagaimana menyisihkan uang jika masih memiliki tanggungan hutang atau tidak memiliki banyak ruang yang tersisa dalam anggaran Anda? Anda dapat menyisihkan apa pun yang Anda bisa untuk ini. Selain pengeluaran yang tak terduga, Anda juga biasanya mendapatkan pendapatan tak terduga juga bukan? Atau mudahnya, jika memungkinkan sisihkan uang tabungan yang Anda peroleh dari berhemat selama satu bulan dalam hal ini. 

READ  Cara Terbaik Bagi Remaja Menghasilkan Uang Sendiri

Dan setelah Anda dapat terbebas dari hutang atau memiliki lebih banyak uang dari penghematan atau sisa yang Anda dapatkan dari perencanaan anggaran, Anda dapat menyiapkan dana lebih agar rekening dana darurat yang Anda buat  lebih cepat dipersiapkan. 

4# Investasi dan Menabung

Anda dapat mencoba menginvestasikam uang Anda agar uang yang Anda miliki tersebut dapat bertambah. Misalnya dengan membuka deposito, bisnis atau jenis investasi lainnya. Investasi sendiri termasuk ke dalam strategi jangka panjang untuk membangun kekayaan.

Investasi dan Menabung

Namun, ada yang perlu Anda garis bawahi yaitu, investasi juga diiringingi dengan risiko. Maka pikirkanlah dengan baik bagaimana Anda akan berinfestasi sehingga Anda tetap dapat membuat uang Anda bekerja. Dan jangan lupa riset segala elemen yang Anda perlukan sebelum benar benar berinvestasi. Dan bebarapa jenis investasi yang diminati oleh kebanyakan orang diantaranya adalah Saham, Obligasi dan investasi lainnya.

Tidak peduli bagaimana cara Anda menabung atau berinvestasi, yang perlu diingat adalah anda perlu membuat beberapa tujuan tertentu. Selalu mengetahui tujuan Anda, seperti membayar pendidikan anak , membeli rumah, atau mengganti kendaraan dan hal ini akan membantu memfokuskan pengeluaran Anda dan memberi Anda motivasi dalam mengelola keuangan, serta membantu Anda memutuskan jenis investasi apa yang terbaik untuk Anda.

Investasi adalah tips terakhir dalam daftar 4 tips mengelola keuangan dengan baik. Semoga dengan tips tersebut dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan finansial Anda. 

Tinggalkan komentar