Pentingnya Website Untuk Bisnis Di Era Digital

By | Januari 19, 2021

teguh.info – Era digital merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh semua orang termasuk para pelaku bisnis. Bahkan Area digital saat ini tidak hanya didominasi oleh Perusahaan-perusahaan besar saja. Para pengusaha dalam skala kecil pun sudah mulai menunjukkan keberadaannya di dunia digital. Mereka berlomba-lomba untuk membuat profil  bisnis mereka terlihat di hasil pencarian google.  Dan tentunya untuk bisa bersaing di dunia digital tentunya sebuah bisnis harus memiliki website. Dan kali ini teguh akan membahas tentang Pentingnya Website Untuk Bisnis Di Era Digital. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mulai membuat website bisnis Anda dan siap untuk menuju pada persaingan bisnis di dunia digital.

Saat ini sudah banyak sekali para pelaku Usaha Kecil dan Menengah yang mulai melek tentang strategi digital marketing. Dulu bisnis kecil dan menengah belum mengetahui pentingnya memiliki website untuk memasarkan prosuknya. Selain itu meraka beranggapan bahwa usahanya masih dalam skala lokal sehingga mereka tidak memerlukan website sebagai sarana pemasaran produk atau layanannya. Namun hal ini berubah ketika google memperkenalkan Google Bisnis yang menunjukan profil bisnis yang terintegrasi pada google map pada hasil pencarian.

Pentingnya Website Untuk Bisnis

Para pengguna internet dapat dengan mudah menemukan produk atau layanan yang mereka cari pada kolom pencarian. Lantas siapa yang diuntungkan dengan keadaan ini? Tentunya adalah bisnis yang memiliki profil digital yang lengkap  mulai dari Alamat, Nomor Telepon, Sosial Media dan Website. Dan yang paling mempengaruhi keterlihatan bisnis tersebut adalah website. Bisnis yang memiliki website sebagai representasi bisnis di dunia digital dapat dengan mudah memperoleh tempat di halaman pertama pencarian google. Selain itu banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh ketika Anda membuat website bisnis Anda sendiri diantaranya adalah

READ  EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional ,Nikmati Kemudahannya!

Manfaat Website pada Bisnis

1.   Profil Bisnis Anda

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Website adalah representasi dari bisnis Anda pada dunia digital. Dengan membuat website, Anda dapat menjelaskan semua informasi bisnis Anda pada calon pelanggan dari Alamat sampai dengan harga produk atau layanan. Mereka dapat mengetahui dengan mudah semua informasi, produk atau layanan yang Anda tawarkan. 90% pengguna internet di Indonesia dan dalam skala lokal akan mencari informasi melalui internet sebelum mereka membeli sebuah produk atau mendatangi toko secara fisik. Jadi akan sangat bermanfaat jika calon pelanggan menemukan ‘keberadaan’ bisnis Anda pada hasil pencarian mereka. Apalagi jika website bisnis Anda menggunakan domain TLD maka profil bisnis Anda akan terlihat lebih profesional . Untuk memulainya Anda dapat mencoba membuat website profesional dengan menggunakan layanan hosting murah.

2.   Katalog Digital

Anda juga dapat memanfaatkan website sebagai katalog digital yang dapat memberikan informasi produk yang dapat calon pelanggan Anda pilih. Pelanggan akan mudah melihat dan memilih berbagai produk yang Anda tawarkan melalui halaman website bisnis Anda.

3.   Menghemat biaya pemasaran

Setelah Anda memiliki website bisnis, percayalah Anda hanya harus mengupdate konten yang menarik dan unik untuk dapat meningkatkan “keterlihatan” Anda pada pengguna internet di Indonesia yang mencapai angka 160 juta pengguna. Biaya pembuatan website tergolong kecil. Bahkan dengan Anggaran 60 ribu per bulan Anda sudah dapat membuat website profesional yang elegan dengan layanan wordpress hosting. Jika dikalkulasikan tentunya akan jauh berbeda dengan biaya pemasaran dengan memasang iklan di surat kabar, majalah atau membuat baliho di tempat-tempat strategis di kota Anda.

4.   Dapat Diakses dengan mudah

Informasi bisnis yang Anda cantumkan pada website Anda akan dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna internet. Mereka dapat mengaksesenya kapanpun dimanapun mereka berada. Apalagi ditambah dengan pesatnya perkembangan smartphone saat ini yang semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses internet dan mencari informasi apapun yang mereka cari hanya dengan smartphone. Berita baiknya adalah hampir semua orang memiliki smartphone, artinya semakin banyak calon pelanggan yang akan menemukan profil bisnis digital Anda pada website.

READ  Periksa Kesehatan di RS Siloam Sekarang Sangat Mudah dengan Aplikasi Halodoc

5.   Dapat selalu terhubung dengan pelanggan

Anda dapat dengan mudah membuat konten yang menjelaskan berbagai produk baru yang up to date pada pelanggan. Tidak hanya itu, bahkan pelanggan akan dengan mudah mengetahui informasi diskon, promo atau hal lain yang ada pada bisnis Anda dengan mudah. Jika kita buat perbandingan dengan membuat iklan di surat kabar, apa yang Anda iklankan pada saat itu, itulah yang ditampilkan, dan ketika Anda produk baru yang Anda tawarkan, apakah akan termuat secara otomatis pada surat kabar tersebut? Anda sudah tentu harus membayar lagi untuk mengupdate konten pada surat kabar.

6.   Jangkauan yang lebih luas

Setelah memenangkan persaingan pada pencarian lokal bukan hal yang aneh juga jika website Anda juga menjangkau pasar yang lebih luas. Internet memang memangkas batasan yang ada di dunia. Misalnya Bisnis Anda berada di Jakarta, bukanlah hal yang aneh jika pelanggan yang ada di Bali dapat mengakses website bisnis yang Anda miliki. Dan bahkan orang luar negeri pun dapat dengan mudah mengakses website bisnis Anda. Artinya website memilki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan jenis pemasaran tradisional.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda membuat website untuk bisnis Anda. Sekarang Anda sudah mengetahui pentingnya website untuk bisnis di era digital seperti saat ini. Jadi tunggu apa lagi? Segera ‘hadirkan’ bisnis Anda di dunia digital dengan membuat website Bisnis Anda dan menangkan persaingan di dunia digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *