Iklan Elektronik

  • Whatsapp

Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

Iklan?

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Bacaan Lainnya

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.

  • Nama produk.
  • Gambar yang menarik.
  • Kalimat iklan.
  • Keunggulan produk.
  • Harga produk.
  • Nomor telepon.
  • Alamat pengiklan.

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:

Baca Juga : Jadwal Panduan Belajar Dari Rumah TVRI 4-10 Mei 2020 – SD Kelas 4-6

  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Iklan pada gambar di atas menawarkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran.

Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat.

Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran. Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih.

Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen.

Tujuan iklan

1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.

3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.

4. Memberi informasi tentang produk jasa.

5. Menarik khalayak ramai.

Ciri-ciri iklan yang baik dan benar

  • Informatif
  • Komunikatif
  • Bahasanya singkat dan padat
  • Menarik

Bentuk iklan pun bermacam-macam:

Iklan Baris

Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:

1. Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.

2. Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

3. Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatansingkatan untuk menghemat tempat.

4. Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.

5. Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.

6. Tidak menggunakan ilustrasi grafis.

7. Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.

Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.

1. Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.

2. Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.

3. Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.

Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

Iklan pengumuman atau pemberitahuan

Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.

Iklan penawaran (niaga

Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.

Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat

Iklan Elektronik

Televisi merupakan salah satu media elektronik. Adapun yang dimaksud iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik.

Apa saja bentuk iklan elektronik itu?

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini.

Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

  1. Iklan Radio Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.
  2. Iklan Televisi Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.
  3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet) Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut?

Ayo baca satu per satu uraian singkat berikut.

Iklan Radio

Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan

iklan yang memilih siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio hanya dapat didengar tidak dapat dilihat seperti iklan televisi. Oleh karena itu, radio dikenal sebagai media audio.

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas.

Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.

Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.

Iklan Pewangi Ruangan

EfEK SUARA : (SUARA LALAT)

Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat.

Mama : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.

Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya. Mama : Tenang, mama punya antinya.

EfEK SUARA : (SUARA SEMPROTAN NyAMUK)

Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma.

Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO.

MUSIK : GITAR KLASIK BERNUANSA cERIA UP-IN-DOWN.

Narasi : ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang. MUSIK : (DOWN-OUt)

Baca Juga : Karya Seni Rupa Daerah

Iklan Televisi

Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat.

Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memberikan banyak informasi bagi pemirsa.

Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi adalah iklan.

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan.

Oleh karena itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi.

Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang dapat dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak.

Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

Iklan Internet

Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Komputer mampu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis.

Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet.

Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar. Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi.

Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Paparan Iklan Melalui Internet

Itulah salah satu contoh iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani yumi Mie.

Unsur Iklan Elektronik Agar Menarik Perhatian Masyarakat

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

1. Perhatian (Attention) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest) Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire) Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction) Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Bahasa Pada Iklan Elektronik

“Segar nyatanya memang menyegarkan”

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas.

Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya.

Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya. contoh iklan selanjutnya adalah iklan mi instan.

Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kamu lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jika lagunya menarik dan musiknya energik.

Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.

Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan mampu menggugah selera makan khalayak.

Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jika menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata hingga berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi.

Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan.

Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan. Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum.

Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.

  • Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
  • Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
  • Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
  • Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *